Tokopedia Dukung Penjual Hadirkan Inisiatif Ramah Lingkungan

Technologue.id, Jakarta – Tokopedia memberikan dukungan bagi masyarakat yang berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Salah satunya memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan.

- Advertisement -

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan, lewat dukungan ini harapannya dapat mendorong masyarakat lain untuk ikut menjaga keberlangsungan lingkungan sekaligus berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi.

Baca Juga:
Riset Tunjukkan Tokopedia E-commerce Paling Direkomendasikan Pengguna

Dua pelaku usaha lokal yang peduli lingkungan, diantaranya Custombox Indonesia dan NutriMart.

Custombox Indonesia didirikan oleh Dino Johari pada 2018. Custombox menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang.

“Melalui Custombox Indonesia, kami menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari makanan, fesyen hingga kecantikan. Kotak kemasan kami terbuat dari kertas kraft hasil daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan,” ungkap Dino.

Kehadiran platform digital seperti Tokopedia telah membantu Dino menjangkau lebih banyak masyarakat sekaligus memaksimalkan penjualan.

“Selama pandemi misalnya, kenaikan penjualan kami meningkat hingga 3x lipat jika dibandingkan sebelum pandemi,” ungkapnya.

Dino juga melakukan berbagai penyesuaian agar bisnis dapat tetap berjalan meski di tengah pandemi. “Salah satunya dengan menurunkan minimum kuantitas pembelian agar lebih ramah terhadap pebisnis baru terutama UMKM,” jelas Dino.

Usaha Dino telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Saat ini ada lebih dari 90 karyawan yang berasal dari warga sekitar. Sejak bergabung dengan Tokopedia, mereka harus menambah karyawan di bagian admin dan produksi untuk meng-handle pesanan online.

Baca Juga:
Kisah Engineer Muda Tokopedia Bangun Aplikasi di iOS Hingga Diapresiasi Apple

Sementara NutriMart, Official Store dari Nutrifood, mengajak konsumen untuk mengelola sampah. Nutrifood berkomitmen menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan berbagai inisiatif terkait pengelolaan sampah, salah satunya dengan menempatkan dropbox sampah kemasan kertas, plastik dan kaca di berbagai wilayah Jabodetabek.

Nutrifood turut mengajak para konsumen, termasuk di Tokopedia, untuk membawa sampah kemasan produk mereka yang nantinya akan disalurkan dan diolah oleh sentra-sentra daur ulang untuk membantu pengolahan sampah guna mengurangi jumlah sampah kemasan.

- Advertisement -

Latest News

Ini Smartphone Gaming dengan Refresh Rate Layar 165Hz Pertama di Dunia

Technologue.id, Jakarta - RedMagic, brand gaming dari subdivisi ZTE Nubia, telah meluncurkan smartphone baru hasil kerja sama dengan raksasa teknologi dan game...

iPhone X Meledak, Apple Digugat Pengguna

Technologue.id, Jakarta - Pria asal Australia, Robert De Rose menggugat Apple lantaran iPhone X-nya meledak. Insiden ini sebenarnya terjadi pada 2019 lalu...

Pertama Kalinya Oppo Gusur Huawei Jadi Brand Smartphone No 1

Technologue.id, Jakarta - Pasar smartphone China menyambut 'raja' baru. Setelah dihuni bertahun-tahun oleh Huawei, saat ini peringkat teratas pasar smartphone Tiongkok ditempati...

Bocoran Model Tank Baru di Call of Duty Mobile Season 2

Technologue.id, Jakarta - Call of Duty Mobile rilis model tank baru di advance server. Kabar itu sudah beredar beberapa minggu yang lalu....

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo S9 5G dan Vivo S9e 5G

Technologue.id, Jakarta – Vivo kembali mengumumkan dua smartphone 5G terbarunya, yaitu Vivo S9 5G dan S9e 5G. Desain kedua smartphone anyarnya ini...

Related Stories