Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tokopedia Dukung Penjual Hadirkan Inisiatif Ramah Lingkungan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia memberikan dukungan bagi masyarakat yang berperan aktif dalam menjaga lingkungan. Salah satunya memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal yang mengusung produk atau inisiatif ramah lingkungan.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia, mengungkapkan, lewat dukungan ini harapannya dapat mendorong masyarakat lain untuk ikut menjaga keberlangsungan lingkungan sekaligus berkontribusi pada pemulihan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi.

Baca Juga:
Riset Tunjukkan Tokopedia E-commerce Paling Direkomendasikan Pengguna

Dua pelaku usaha lokal yang peduli lingkungan, diantaranya Custombox Indonesia dan NutriMart.

Custombox Indonesia didirikan oleh Dino Johari pada 2018. Custombox menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang.

"Melalui Custombox Indonesia, kami menawarkan solusi kotak kemasan untuk pebisnis dari berbagai bidang, mulai dari makanan, fesyen hingga kecantikan. Kotak kemasan kami terbuat dari kertas kraft hasil daur ulang sehingga lebih ramah lingkungan," ungkap Dino.

Kehadiran platform digital seperti Tokopedia telah membantu Dino menjangkau lebih banyak masyarakat sekaligus memaksimalkan penjualan.

"Selama pandemi misalnya, kenaikan penjualan kami meningkat hingga 3x lipat jika dibandingkan sebelum pandemi," ungkapnya.

Dino juga melakukan berbagai penyesuaian agar bisnis dapat tetap berjalan meski di tengah pandemi. "Salah satunya dengan menurunkan minimum kuantitas pembelian agar lebih ramah terhadap pebisnis baru terutama UMKM," jelas Dino.

Usaha Dino telah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Saat ini ada lebih dari 90 karyawan yang berasal dari warga sekitar. Sejak bergabung dengan Tokopedia, mereka harus menambah karyawan di bagian admin dan produksi untuk meng-handle pesanan online.

Baca Juga:
Kisah Engineer Muda Tokopedia Bangun Aplikasi di iOS Hingga Diapresiasi Apple

Sementara NutriMart, Official Store dari Nutrifood, mengajak konsumen untuk mengelola sampah. Nutrifood berkomitmen menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan berbagai inisiatif terkait pengelolaan sampah, salah satunya dengan menempatkan dropbox sampah kemasan kertas, plastik dan kaca di berbagai wilayah Jabodetabek.

Nutrifood turut mengajak para konsumen, termasuk di Tokopedia, untuk membawa sampah kemasan produk mereka yang nantinya akan disalurkan dan diolah oleh sentra-sentra daur ulang untuk membantu pengolahan sampah guna mengurangi jumlah sampah kemasan.

SHARE:

Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Startup Energi Terbarukan Xurya Lolos Sertifikasi B Corp