Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kolaborasi Google dan BSSN Perkuat Pertahanan dan Keamanan Siber Nasional Berteknologi AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Google mengumumkan inisiatif strategis bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), untuk membangun ekosistem keamanan siber yang lebih tangguh bagi Indonesia. Kolaborasi ini bertujuan menyediakan program-program pelatihan dan alat-alat keamanan siber yang berteknologi AI.

Inisiatif strategis baru untuk memperlengkapi sektor publik Indonesia dan hingga 70.000 UMKM, lembaga nonprofit, dan badan sosial dengan keterampilan serta alat-alat AI yang canggih untuk meningkatkan keamanan siber.

Baca Juga:
Program Bangkit 2024, Google Bekali 9.000 Mahasiswa dengan Keterampilan AI

Program bernama AI Policy and Skilling Lab ini menyediakan kerangka kerja konseptual dan praktik terbaik bagi para penentu kebijakan Indonesia, yang membantu mereka memahami potensi transformatif AI. Melalui diskusi bulanan, para pakar industri, penentu kebijakan, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dibawa untuk duduk bersama dan bertukar ide, memperdebatkan isu-isu baru, serta menyusun saran-saran kebijakan yang dirancang untuk mendorong penerapan AI secara aman dan bertanggung jawab di Indonesia.

"Kami bangga bisa memperdalam komitmen kami untuk mengamankan dan memajukan masa depan digital Indonesia melalui kerja sama dengan BSSN dan pihak-pihak lain dalam program-program pelatihan keamanan AI serta dengan menyediakan kapabilitas pengamanan yang baru," ujar Putri Alam, Director, Government Affairs and Public Policy, Google Indonesia.

Putri menerangkan, keamanan siber merupakan medan peperangan yang berat sebelah selama puluhan tahun. Pihak penyerang hanya perlu untuk berhasil menyusup sekali, sementara pihak yang bertahan senantiasa tertekan untuk terus menerapkan pertahanan terbaik dalam medan digital yang makin kompleks.

"Hal ini disebut sebagai 'Defender's Dilemma' dan kami yakin bahwa kemajuan di bidang AI dapat memutarbalikkan dinamika ini," katanya.

Baca Juga:
Google Akan Integrasikan Gemini AI ke Layanan Chrome

Inisiatif strategis pertama dilakukan oleh BSSN dan Google Cloud untuk membangun kompetensi dan kapabilitas keamanan siber bagi sektor publik Indonesia. Inisiatif ini akan memfasilitasi tiga pilar kolaborasi diantaranya menyediakan 1.000 beasiswa Sertifikat Keamanan Siber Google bagi pejabat BSSN atau pejabat pemerintah lain yang dipilih oleh BSSN, berbagi intelijen ancaman siber berkualitas terbaik dengan lembaga pemerintah, serta peningkatan kapasitas secara bersama dengan AI untuk keamanan siber.

"Kolaborasi antara pemerintah dan pelaku industri seperti Google, terutama dalam hal seperti memberikan beasiswa Sertifikat Keamanan Siber Google kepada 1.000 pejabat publik dan melakukan pengembangan kapasitas bersama, akan membantu kita memaksimalkan penggunaan AI untuk meraih keunggulan sambil membatasi penggunaan teknologi oleh pihak lawan," kata Dono Indarto, Deputi Bidang Strategi dan Kebijakan Keamanan Siber dan Sandi.

SHARE:

Masalah Fuel Pump, Ratusan Suzuki Jimny 3-Door Kena Recall di Indonesia

Game Ghost of Tsushima Director's Cut Akan Hadir di Platform PC