Kominfo Imbau Masyarakat Tidak Sebar Hoaks Soal Virus Corona

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar mewaspadai beredarnya konten bohong alias hoaks mengenai perkembangan virus Corona.

“Kami melalui Drone Kominfo telah memonitor adanya penyebaran hoaks dan disinformasi terkait dengan Virus Corona ini,” tegasnya saat memberikan pernyataan di depan pekerja media dalam acara Konferensi Pers yang digelar di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (28/01/2020).

Baca Juga:
Hadapi Virus Corona, Xiaomi Hadirkan Fitur Ini

Menteri Johnny juga meminta masyarakat untuk tidak dikaitkan masalah Virus Corona dengan masalah-masalah lain yang berdampak luas dan negatif terhadap negara, baik dari sektor ekonomi kita maupun sektor lainnya.

“Ini murni masalah kesehatan dan karena itu mengaculah pada referensi utamanya yang hanya disampaikan oleh institusi resmi,” tuturnya.

Pemerintah, lanjutnya, telah melakukan langkah-langkah konsolidasi dan terintegerasi untuk mencegah jangan sampai virus ini masuk ke wilayah tanah air kita. Ada dua langkah penanganan pemerintah dalam melakukan langkah konsolidasi dan koordinasi dalam rangka mencegah Novel Corona Virus ini.

“Pertama, berkaitan dengan wilayah terdampak di Provinsi Hubei, China, dan saat ini sedang dilakukan langkah-langkah pemerintah. Yang kedua, di wilayah yuridiksi nasional kita terkait dengan pencegahannya,” jelas Menteri Kominfo.

Baca Juga:
Ini Dia Startup Yang Pertama Kali Memberitakan Virus Corona

Menteri Johnny juga menyampaikan bahwa memang sampai saat ini belum ada penyebaran Virus Corona di Indonesia. Dalam rangka itu, pihak pemerintah mengambil beberapa langkah cara diseminasi informasi.

“Yang pertama tentu terkait dengan gejala-gejala klimis yang akan disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. Penangan penyebaran Virus terhadap masyarakat maupun petugas-petugas medisnya. Yang ketiga, tentu langkah-langkah pemerintah,” jelasnya.

Oleh karena itu, Menteri Kominfo berharap agar masyarakat mengacu kepada intitusi resmi dan informasi yang disampaikan pemerintah secara resmi dalam rangka pencegahan dan penanganan virus ini.

“Salah menangani, dampaknya sangat luas,” tandasnya.

 

- Advertisement -

Latest News

Tokopedia START Summit 2021 Siap Digelar

Technologue.id, Jakarta - Tokopedia kembali akan menggelar konferensi teknologi untuk kali kedua yakni Tokopedia START Summit 2021, pada Sabtu, 3 Juli mendatang....

Paruh Pertama 2021, DANA Catat Pertumbuhan Signifikan

Technologue.id, Jakarta - Dompet digital Dana mencatat pertumbuhan positif di paruh pertama 2021. Capaian ini menempatkan DANA sebagai perusahaan teknologi finansial dengan...

Menhub Apresiasi Inovasi Grab saat Pandemi

Technologue.id, Jakarta - Adaptasi yang dilakukan Grab di tengah pandemi mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi. Ia mengatakan bahwa...

Daftar Area yang Kedapatan Layanan 5G Indosat

Technologue.id, Jakarta - Indosat Ooredoo resmi menghadirkan layanan 5G, Selasa (22/6/2021). Pada tahap awal ini, layanan tersedia di beberapa kota besar antara...

Instagram Music Meluncur di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Instagram akhirnya resmi merilis fitur stiker musik Instagram Stories ke Indonesia. Pengguna di Indonesia kini memiliki...

Related Stories