Kominfo Tunggu Clubhouse Daftar Hingga Mei 2021

Technologue.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menegaskan akan memblokir seluruh platform digital yang tidak terdaftar di Indonesia hingga batas waktu Mei 2021. Salah satu yang dimaksud Kominfo adalah aplikasi media sosial audio Clubhouse yang baru-baru ini booming.

- Advertisement -

Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KemenKominfo, mengatakan bahwa aplikasi Clubhouse belum terdaftar di Kementerian Kominfo. Oleh karena itu, pihaknya menunggu proses pendaftaran sampai 6 bulan sejak PM diundangkan pada tanggal 24 November 2020.

“Sampai bulan Mei mereka (platform digital) semua harus terdaftar, tak terkecuali Clubhouse. Jika tidak mendaftar akan kena sanksi yaitu blokir,” ungkap Semmy, panggilan akrabnya, saat sesi URTalks, Senin malam (22/2/2021).

Baca Juga:
Makin Moncer, Sederet Public Figure Tanah Air Ikut Main Clubhouse

Dijelaskannya, seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) wajib mematuhi peraturan Undang-undang ITE, Peraturan Pemerintah No. 71, dan Peraturan Menteri (PM) Kominfo No 5 Tahun 2020 untuk melaporkan kegiatan usaha mereka di Indonesia. Ketentuan ini berlaku untuk PSE lokal maupun asing.

Pendaftaran ini ditujukan untuk kepentingan para pengguna layanan mereka, seperti terkait dengan pelindungan data pribadi dan keamanan siber.

“Semua aplikasi yang beredar di Indonesia harus teregistrasi baik dari luar maupun dalam. Karena ini berkenaan dengan perizinan dan bayar pajak. Lalu juga menyangkut siapa penanggung jawabnya, bagaimana menghubunginya (bila ada keluhan pengguna), atau aplikasinya tentang apa,” tandas Semmy.

Baca Juga:
Belum Dapat Restu Kominfo, Clubhouse Terancam Diblokir

Proses pendaftaran pun dilakukan melalui daring. PSE hanya perlu mengisi informasi detail mengenai perusahaan dan layanannya. Tidak akan dipungut biaya untuk setiap registrasi.

Setelah mendaftar, PSE tidak diwajibkan membangun kantornya di tanah air. Namun bila di kemudian hari mereka mengelola data pribadi untuk certain number atau ada transaksi sudah melewati batas sekian miliar maka mereka harus menunjuk orang perwakilan.

- Advertisement -

Latest News

Ini Smartphone Gaming dengan Refresh Rate Layar 165Hz Pertama di Dunia

Technologue.id, Jakarta - RedMagic, brand gaming dari subdivisi ZTE Nubia, telah meluncurkan smartphone baru hasil kerja sama dengan raksasa teknologi dan game...

iPhone X Meledak, Apple Digugat Pengguna

Technologue.id, Jakarta - Pria asal Australia, Robert De Rose menggugat Apple lantaran iPhone X-nya meledak. Insiden ini sebenarnya terjadi pada 2019 lalu...

Pertama Kalinya Oppo Gusur Huawei Jadi Brand Smartphone No 1

Technologue.id, Jakarta - Pasar smartphone China menyambut 'raja' baru. Setelah dihuni bertahun-tahun oleh Huawei, saat ini peringkat teratas pasar smartphone Tiongkok ditempati...

Bocoran Model Tank Baru di Call of Duty Mobile Season 2

Technologue.id, Jakarta - Call of Duty Mobile rilis model tank baru di advance server. Kabar itu sudah beredar beberapa minggu yang lalu....

Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Vivo S9 5G dan Vivo S9e 5G

Technologue.id, Jakarta – Vivo kembali mengumumkan dua smartphone 5G terbarunya, yaitu Vivo S9 5G dan S9e 5G. Desain kedua smartphone anyarnya ini...

Related Stories