Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Komitmen GoTo Wujudkan Perlindungan Data Pribadi Ekosistem Bisnis
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Ekosistem bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk sangat kompleks. Oleh sebab itu, raksasa teknologi itu terus melakukan upaya-upaya untuk memastikan perlindungan data pribadi berjalan efektif di lingkungan ekosistem GoTo.

SVP Group Head of Data Protection and Privacy Officer (DPPO) GoTo, Leny Suwardi menyampaikan pentingnya pemahaman seluruh pelaku ekosistem terhadap keamanan data pribadi.

"Menciptakan ekosistem digital benar-benar aman membutuhkan kerja sama berbagai pihak meliputi teknologi yang mumpuni, regulasi yang memadai, serta pengguna teknologi yang mengerti cara menjaga data dan privasi," ujar Leny, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/2/2023).

Baca Juga:
GoTo Permudah Akses Konsumen Gunakan Kereta Cepat Indonesia

GoTo telah melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan standar pelindungan data secara menyeluruh bagi perusahaan, pengguna, karyawan, dan seluruh mitra ekosistem, antara lain:

Tiap unit usaha GoTo memiliki standar keamanan terbaik di industri, beberapa contoh diantaranya perolehan sertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan informasi, ISO 27701 untuk sistem manajemen informasi privasi, dan PCI DSS untuk standar keamanan data industri kartu pembayaran,

"Ini sebagai wujud nyata bahwa kami memang benar-benar mengedepankan aspek keamanan dan perlindungan data pribadi," imbuh Leny.

Selain itu, perusahaan juga membentuk pejabat dan tim khusus yang menjalankan fungsi perlindungan data pribadi (Data Protection Officer) sesuai amanat UU PDP, dengan sistem dan proses yang setara dengan best practice global.

Lalu ada kampanye keamanan data pribadi seperti Program JAGA dari Gojek dan GoTo Financial, khususnya ke pengguna aplikasi dan juga UMKM.

Baca Juga:
Asah Bisnis UMKM, Grup GoTo Gelar Konferensi Nasional Maju Digital

Data internal Gojek pada 2021 menunjukan sebanyak 95% mitra usaha telah mengetahui dan mengerti penerapan tips JAGA untuk menjaga keamanan digital, dan mendorong 94% mitra lebih percaya diri untuk menjalankan usaha bersama ekosistem Gojek.

Melalui kampanye JAGA, GoTo Financial juga berhasil mengurangi 82,73% jumlah kasus penipuan terhadap mitra usaha GoTo pada periode Januari-Desember 2022.

Lebih lanjut, pembuatan modul pembelajaran literasi digital oleh Tokopedia untuk melindungi data pribadi pengguna marketplace, dengan menggandeng Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada.

Pelatihan internal terkait keamanan data bagi karyawan GoTo, Gojek, GoTo Financial dan Tokopedia saat onboarding karyawan baru dan juga secara berkala. Pelatihan terakhir dilakukan tanggal 30 Januari 2023 dengan menghadirkan narasumber dari Kominfo dan Google Cloud, dihadiri oleh lebih dari 800 karyawan

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6