Technologue.id, Jakarta – PT FinAccel Digital Indonesia (Kredivo) mengantongi penyaluran lini kredit dari Bank Permata sebesar Rp1 triliun. Penyaluran lini kredit ini merupakan salah satu kolaborasi channeling terbesar yang pernah dilakukan oleh bank nasional melalui entitas fintech hingga saat ini.

Baca Juga:
Kredivo: Millenial Paling Banyak Ajukan Kredit Pertama

Kerja sama ini, menurut Umang Rustagi, Komisaris Kredivo, akan mempercepat pertumbuhan dan dapat melayani jutaan nasabah baru kedepannya. “Ini menjadi titik tolak yang baik untuk bekerja sama dengan bank nasional terkemuka seperti PermataBank dalam menciptakan lebih banyak produk keuangan,” katanya saat pengumuman kerja sama strategis ini, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Kolaborasi ini disebut sebagai cara bagi kedua belah pihak untuk menyediakan produk dan layanan keuangan yang inovatif dan lebih efisien guna melayani basis konsumen yang lebih luas.

Sementara itu, Djumariah Tenteram, Direktur Ritel Perbankan PermataBank, mengatakan bahwa kerja sama dengan perusahaan fintech dapat memajukan bisnis jauh lebih maju, di samping teknologi yang canggih bisa menjangkau basis konsumen yang lebih luas.

PermataBank dapat mendiversikan loan book ke pelanggan yang lebih luas, di saat yang sama Kredivo dapat terus menumbuhkan nilai transaksi dan loan book untuk melayani kebutuhan masyarakat Indonesia yang belum tersentuh layanan keuangan.

Laporan e-Conomy SEA 2019 yang dilakukan oleh Google dan Temasek pada akhir 2019 menyebut bahwa di Indonesia masih terdapat 92 juta penduduk dewasa yang belum tersentuh layanan finansial atau perbankan.

Baca Juga:
Kredivo Luncurkan Inovasi Checkout Tercepat Pertama di Indonesia

Peminjam di Kredivo terbagi menjadi dua kategori, yakni basic yang mendapatkan plafon pinjaman maksimal Rp 3 juta dan premium maksimal Rp 30 juta. Sedangkan investor Kredivo seluruhnya adalah investor institusi dengan Bank Permata sebagai investor terbesar.

Permata baru memulai kerja sama dengan fintech lending dalam dua tahun terakhir. Dana Rp 1 triliun merupakan yang terbesar yang pernah dikucurkan oleh Permata pada peminjam melalui fintech lending.

Kedepannya kerja sama ini diharapkan mampu menghasilkan sesuatu yang positif, bukan hanya ke dua belah pihak tapi juga untuk perekonomian nasional dan masyarakat.