Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Kualitas Jaringan Telkomsel Aman Sepanjang Tol Jakarta - Yogya
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Hari raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Di Indonesia, Lebaran identik dengan mudik, yaitu tradisi orang kembali ke kampung halaman mereka untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. 

Namun, ada beberapa masalah yang mungkin membayangi para pemudik, yaitu stabilitas koneksi jaringan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami, Tim Technologue.id, akan menguji koneksi jaringan salah satu provider di Indonesia, yakni Telkomsel.

Kami berkesempatan untuk menguji seberapa stabil dan cepat jaringan telkomsel selama melakukan perjalanan dari Tol Jakarta hingga Yogyakarta. Dengan begitu, para pemudik yang memakai provider ini tidak perlu cemas akan instabilitas jaringan di perjalanan.

Dalam pengujian ini, kami mengecek kecepatan jaringan dalam mengunduh, mengupload, tes browsing, dan streaming di beberapa titik selama perjalanan. Lalu bagaimana hasil dari pengecekan provider Telkomsel ini?

Baca Juga:
Uji Jaringan Jalur Mudik Trans Jawa (Jakarta-Yogyakarta) Ramadan 2023

Sebagai tambahan informasi, proses pengecekan kecepatan koneksi jaringan Telkomsel menggunakan aplikasi bernama nPref. Aplikasi sangat berguna untuk mengetahui seberapa cepat dan stabilitas sebuah jaringan provider.

Setelah melewati ruas jalan tol yang cukup panjang, kami sampai di Surakata. Pada titik ini kami mencoba mengukur stabilitas jaringan Telkomsel. Bagi para pengguna yang mau masuk Yogyakarta dari Jakarta dan melewati Surakarta, maka kecepatan jaringan Telkomsel untuk mengunduh sekitar 77.66 Mbps.

Sementara itu, hasil pengecekan jaringan untuk upload berkisar di angka 52.95 Mbps. Keduanya memiliki tingkat stabilitas di atas rata-rata. Dengan begitu, para pengguna Telkomsel tidak perlu khawatir kalau koneksivitasnya bakal lemot.

Selain itu, apabila pemudik melewati jalur ini, dalam hal browsing dan streaming, juga tidak perlu cemas. Selama pemudik, jaringan Telkomsel masih dibilang cukup cepat. Untuk browsing sendiri angkanya mencapai 79.74 persen. Sedangkan untuk streaming, angkanya menyentuh 95.65 persen.

Dengan hasil tersebut, perjalanan Anda saat mudik lebaran 2023 nanti akan terjamin koneksivitasnya. Apabila ingin mencari informasi terkait rest area maupun lainnya, kecepatan browsing jaringan Telkomsel tidak akan diragukan secara kualitasnya.

Di sisi lain, untuk menemani perjalanan Anda selama mudik lebaran nanti, kecepatan streaming dalam jaringan Telkomsel mencapai 95.65 persen. Dengan begitu, selama perjalanan mudik Anda tetap bisa melakukan streaming agar tidak merasa jenuh.

Setelah dari Surakarta, kami melanjutkan perjalanan ke Klaten. Di tempat ini, kami juga melakukan pengecekan terhadap jaringan Telkomsel. Bagi para pemudik yang melewati rute ini, maka jaringan provider ini punya kecepatan mengunduh sekitar 78.40 Mbps. Jika pemudik ingin mengupload keadaan di sana pun tidak perlu was-was dengan koneksi jaringannya.

Baca Juga:
Adu Kuat Sinyal Internet di Candi Terbesar di Indonesia

Aplikasi nPref mencatat bahwa kecepatan upload berkisar 78.40 Mbps. Dengan kecepatan seperti itu, Anda bisa membagikan kabar ke keluarga melalui foto maupun video secara cepat dan stabil. Kedua kekuatan tersebut sudah berada di atas rata-rata kecepatan provider Telkomsel.

Bukan hanya itu, tercatat pula dalam proses browsing dan streaming, provider Telkomsel di Klaten ini masing-masing berada di angka 77.38 persen dan 95.68 persen. Dengan demikian, provider Telkomsel memberikan kualitas koneksi jaringan yang cukup bagus bagi penggunanya saat momen lebaran 2023 nanti.

Drive Test Mobile Network Lebaran 2023 ini disponsori oleh Asus ROG Phone dan didukung XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison dan Telkomsel.

SHARE:

Bocoran Screenshot Tandai Kemunculan Game BioShock 4, Kapan Rilis?

Jumlah Pelari Meningkat, Garmin Jajakan Smartwatch yang Cocok untuk Semua Level