Technologue.id, Jakarta – Perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok terbukti membuat keadaan Huawei terus terpuruk. Padahal, pada periode kuartal pertama tahun 2019 kemarin, pangsa pasar smartphone Huawei secara global membaik dari tahun sebelumnya.

Mengutip dari GSMArena (29/05/19), berdasarkan laporan salah satu lembaga riset pasar ternama, Gartner soal pangsa pasar smartphone secara global pada kuartal pertama 2019, Huawei berhasil memperoleh peringkat kedua.

Baca Juga:
Dapat Lisensi Permanen, Huawei Tetap Boleh Gunakan Chipset ARM

Di saat yang sama, gartner juga mencatat bahwa Huawei berhasil menaikkan pangsa pasar smartphonenya dari 10,5 persen pada kuartal pertama tahun 2018 dan naik ke angka 15,7 persen pada tahun berikutnya untuk periode yang sama.

Tabel Gartner (Sumber: GSMArena.com)
Tabel Gartner (Sumber: GSMArena.com)
- Advertisement -

Di sisi lain, peringkat pertama dan ketiga diisi oleh Samsung dan Apple. Pangsa pasar smartphone Samsung untuk kuartal pertama 2019 mengalami penurunan dari 20,5 persen pada tahun lalu, ke 19,2 persen. Begitu juga dengan Apple yang mengalami penurunan dari 14,1 persen ke 11,9 persen.

Baca Juga:
Chipset Baru Mulai Diproduksi, Huawei Belum Tamat?

Belum diketahui bagaimana nasib pangsa pasar Huawei untuk kuartal kedua tahun 2019 ini. Namun memanasnya perang dagang AS-Tiongkok sudah terbukti membuat para pengguna smartphone Huawei perlahan-lahan mulai meninggalkannya. Dan hal ini bukan tidak mungkin akan memengaruhi pangsa pasar smartphone Huawei.