Technologue.id, Jakarta – Aplikasi photo-morphing, FaceApp, tengah booming di media sosial. Tagar #AgeChallenge pun trending di media sosial. Mulai dari orang biasa sampai kalangan artis beramai-ramai menjajal aplikasi ini.

Melalui aplikasi ini Anda bisa mengedit foto wajah Anda sesuai keinginan, mulai dari menjelma menjadi lelaki atau perempuan, terlihat lebih muda, atau bahkan menjadi lebih tua sekitar umur 80 tahunan.

Ada beberapa filter yang bisa digunakan. Gambar yang diambil bisa langsung dari kamera ataupun foto yang sudah ada di Galeri ponsel.

Setelah proses edit selesai, para netizen tak ragu membagikan foto ‘masa tua’ mereka ke media sosial. Baik Twitter, Instagram, maupun status di WhatsApp.

View this post on Instagram

AGE CHALLENGE. πŸ€”πŸ€”πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜…πŸ˜… But on a side note, this app probably doesnt know. Asian dont age. πŸ€·πŸ»β€β™€οΈπŸ€·πŸ»β€β™€οΈπŸ€·πŸ»β€β™€οΈ (Tx for the reminder @stizzyho πŸ˜‚πŸ˜…) . . #AGNEZMO

A post shared by AGNEZ MO (@agnezmo) on

Mau ikutan #AgeChallenge ini? Caranya mudah. Pastikan Anda sudah mengunduh FaceApp di smartphone, baik Android atau iOS.

Bila Anda mau ambil foto secara langsung,Β akan ada tampilan overlay berbentuk kepala dari kamera smartphone. Posisikan wajah Anda dalam overlay. Lingkaran itu akan menghilang ketika aplikasi mendeteksi wajah Anda.

Penggunaan aplikasi FaceApp (Source: Imore)

Setelah framing tepat, lalu ketuk tombol shutter. FaceApp akan segera mulai memproses foto.

Saat pemrosesan selesai, geser beberapa opsi filter dan pilih satu. FaceApp akan segera menyesuaikan filter.

Tekan tombol simpan (terlihat seperti panah yang mengarah ke bawah menuju garis) atau ketuk salah satu ikon Share untuk membagikan kreasi baru Anda.

Selamat bertransformasi!