Technologue.id, Jakarta – Tahun ini, Apple punya satu kejutan sekaligus harapan besar, yakni kepada iPhone X. Smartphone itu tak cuma spesial karena dihadirkan bertepatan dengan ulang tahun ke-10 iPhone, tetapi juga punya desain, spesifikasi, dan fitur mentereng.

Baca juga:

Kapan iPhone 8 dan iPhone X Masuk Indonesia?

Pertama, gawai 5,8 inci itu mengusung desain bezel-less tanpa tombol home fisik yang membuatnya mengikuti tren ponsel premium kekinian. Selain itu, ponsel yang sudah berpanel Super AMOLED tersebut juga punya kamera ganda 12MP yang dibekali dengan OIS. Ada juga fitur futuristik sekaligus pengganti Touch ID, yaitu Face ID, yang memungkinkan user meng-unlock iPhone X dengan hanya menatapnya saja.

- Advertisement -

Akan tetapi, kehadiran fitur revolusioner di keluarga iPhone ini justru diterpa isu miring. Belakangan, Apple dilaporkan mengalami kendala dalam produksi iPhone X. Penyebabnya adalah modul facial recognition-nya, sehingga muncul desas-desus kalau raksasa Cupertino itu telah meminta supplier-nya untuk menurunkan kualitas komponen Face ID supaya mempercepat pembuatannya dan bisa mengejar deadline produksi.

Baca juga:

Face ID iPhone X Tak Berfungsi? Begini Kata Apple

Namun, perusahaan yang identik dengan Steve Jobs itu membantah rumor tersebut. Mengutip GSMArena (26/10/17), Apple turut menyatakan bahwa tak ada kualitas Face ID pada iPhone X yang dikorbankan demi tepat tersedia di toko ritel pada 3 November mendatang.

Pembahasan di tengah netizen soal Face ID pada iPhone X sebenarnya sudah muncul sejak launching gawai itu. Dalam demonya, iPhone X sempat tak maksimal ketika mencoba memindai paras Craig Federighi, Senior Vice President of Software Engineering Apple. Tak ayal, beberapa orang meragukan akurasi dan keandalan fitur tersebut.

Baca juga:

iPhone X Itu Nyata, Tapi Fiturnya Seperti Khayalan! Intip Speknya di Sini!

Namun, Apple menyatakan bahwa iPhone demo tersebut sudah dipakai beberapa orang sebelum demo stage, sehingga secara otomatis Face ID pun men-scan wajah mereka hingga akhirnya meminta passcode untuk meng-unlock layarnya.