Lindungi Para Fotografer, Google Hadirkan Fitur Lisensi Gambar

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Mudahnya mendownload gambar di Google Images menjadi masalah tersendiri bagi para fotografer profesional. Karya mereka bisa saja dicuri dan digunakan untuk beragam tujuan tanpa mendapat imbalan yang setimpal.


Akibatnya, beberapa fotografer bertindak ekstrem dengan memblokir Google Images agar tidak ada yang dapat melihat karya mereka. Hal ini tentu memberikan dampak yang buruk bagi Google.

Baca Juga:

Google Hadirkan Penerjemah Bahasa Mesir Kuno


Nah baru-baru ini Google menghadirkan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan memperkenalkan fitur terbaru yang memungkinkan para pengupload gambar untuk melisensikan karya-karyanya, dilansir dari Ubergizmo pada Rabu (19/8/2020).


Google akan mengizinkan para fotografer untuk menyematkan info lisensi melalui metadata atau data terstruktur bagi mereka dari situs tempat foto itu dipublikasikan.


Lewat keterangan resminya, Google mengatakan, “saat Anda menentukan informasi lisensi untuk gambar di situs web Anda, gambar tersebut dapat ditampilkan dengan label berlisensi pada mini gambar di Google Images.”

Baca Juga:

Ini Cara Google Dukung Pembelajaran Jarak Jauh


“Ini memberi tahu orang-orang bahwa informasi lisensi tersedia untuk gambar tersebut, dan memberikan tautan ke lisensi di Image Viewer, yang menawarkan detail lebih lanjut tentang bagaimana seseorang dapat menggunakan gambar tersebut,” tandasnya.


Google sendiri telah berusaha menghadirkan perlindungan untuk para fotografer sejak 2018. Di tahun itu Google mulai bekerja sama dengan agen stok untuk membuat perubahan pada Gambar Google yang akan membantu melindungi hak cipta fotografer.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories