Line Creativate Hadir Lagi, Apa yang Baru?

Technologue.id, Jakarta – Talenta lokal dalam industri digital kreatif Indonesia rupanya masih memiliki peluang yang cukup besar. Buktinya, Line sebagai salah satu aplikasi pesan kembali menggelar sebuah kompetisi digital bagi para kreator lokal tanah air lewat acara Line Creativate 2017.

Memasuki gelaran tahun ke tiga nya, Line Creativate 2017 masih menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dalam mendukung industri kreatif Tanah Air dari kalangan Pemerintah. Line Creativate 2017 mengangkat tema ‘Indonesia Unjuk Kreatif’.

“Setelah berhasil menarik kurang lebih 15 ribu insan kreatif untuk dapat berpartisipasi di tahun sebelumnya, kali ini Line kembali hadirkan kompetisi Line Creativate agar mendorong lebih banyak lahirnya konten-konten yang positif, kreatif, menarik, dan juga lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat Indonesia ,’’kata Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia di Senayan, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Pada waktu yang sama, Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik mengatakan, bahwa terselenggaranya kegiatan Line Creativate 2017 sejalan dengan tugas yang sedang dijalani oleh Bekraf. Dimana Bekraf juga mendukung para pelaku ekonimi kreatif untuk menjadi kreator berkualitas harus bisa memonetisasi karyanya.

“Oleh karenanya, apabila di tahun Line Creativate masih baru berjalan, Bekraf masih hanya sebatas sebagai pihak yang meng endorse, kini Bekraf kembali memberi dukungan penuh kepada Line untuk turut meningkatkan nilai perekonomian nasional,” imbuh Ricky.

Adapun bagi Ongki, terdapat perbedaan antara kompetisi yang diadakan tahun ini dibandingkan dengan sebelumnya. Dimana Line Creativate 2017 hadirkan beberapa jenis kontes yang baru pertama kalinya diadakan. Ya, jika dulunya Line adakan kompetisi kreasi stiker dan komik. Sekarang di ajang tersebut diperkenalkan dua macam, yakni Chatbot serta kompetisi konten kreatif lokal lewat sosial media.

“Kompetisi Chatbot ini terkait games dan utilities. Sedangkan kompetisi satunya lagi, yaitu konten kreatif lokal lewat sosial media yang bertema ‘Indonesia Banget’ memungkinkan kreator berbagi cerita tentang kearifan lokal. Baik melalui foto atau video yang nantinya bisa dibagikan di akun Instagram,” ungkap Ongki lagi.

Kompetisi bagi insan kreatif unjuk gigi tersebut sudah mulai dibuka 2 Agustus dan akan berakhir pada 8 Oktober 2017. Sementara total hadiah yang disediakan, lebih dari Rp 350 juta dan dukungan untuk mempublikasikan karyanya di platform kreatif Line.

“Ekspektasi kedepannya dari ajang Line Creativate tahun ini, kami tak hanya sebatas ingin meraih jumlah peserta  sebanyak mungkin. Tetapi juga kompetisi ini bisa memberi dampak yang lebih bagi negara Indonesia,” tutup Ongki.