Technologue.id, Jakarta – Line Webtoon kembali menyelenggarakan Webtoon Contest 2019. Ajang ini sebagai upaya untuk mendukung para komikus lokal dalam mengembangkan bakat mereka.

Webtoon Contest kali ini menghadirkan format kompetisi baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Format baru Webtoon Contest menyajikan 3 babak dan 4 kategori kompetisi dengan total hadiah sebesar Rp 290 juta serta kesempatan untuk menjadi webtoonist resmi di Line Webtoon.

Baca Juga:
Aplikasi WeChat Mau Tiru Konsep Line?

Keempat kategori tersebut adalah kategori Paling Kocak yang bergenre Komedi Slice of Life dan Tips & Trik, Paling Epik yang bergenre Fantasi, Aksi, superhero, dan Sejarah, kategori Paling Menyentuh yang bergenre Romantis dan Drama, serta kategori Paling Ngeri yang bergenre thriller dan horor.

- Advertisement -

“Sebagai platform terbesar untuk para penggiat komik, Line Webtoon berupaya untuk terus memberikan kesempatan dan menyediakan wadah bagi komikus-komikus lokal agar bisa lebih mengasah bakat mereka serta membantu untuk lebih mengembangkan industri kreatif di Indonesia,” kata Ghina Fianny, Manager Line Webtoon.

Pendaftaran untuk mengikuti Webtoon Contest sudah dibuka sejak 25 Maret 2019 hingga 31 Mei 2019. Kategori pertama, yakni kategori Paling Kocak mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 6 episode dengan minimal panel per episode 10 buah. Di lain pihak, kategori Paling Epik, Paling Menyentuh, dan Paling Ngeri mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 3 episode dengan minimal panel per episode 30 buah.

Baca Juga:
Puncak Kompetisi Line Creativate 2018, Menkominfo Beri Apresiasi Mendalam

Pemenang pada babak ini akan diumumkan pada 21 Juni 2019 pukul 10:00 WIB. Babak pertama akan memilih 12 pemenang dengan masing-masing 3 pemenang di setiap kategori. Tiap-tiap pemenang pada babak ini akan mendapatkan Rp 10juta. Selain itu, para pemenang akan secara otomatis maju ke babak kedua.

Pemenang utama Babak Final akan meraih hadiah sebesar Rp 50juta dengan akumulasi hadiah senilai Rp 90 juta dan kesempatan untuk menjadi webtoonist resmi Line Webtoon.

Pada Webtoon Contest kali ini, kriteria penilaian dipengaruhi oleh tiga faktor. Faktor pertama adalah hasil voting dari pembaca dengan porsi sebanyak 20% dari porsi keseluruhan. Kemudian faktor kedua berdasarkan hasil dari performa sebanyak 20% dan penilaian dewan juri sebesar 60% yang terdiri atas 40 poin untuk originalitas dan kretivitas cerita, 30 poin untuk gambar yang unik dan sesuai dengan genre, serta 30 poin untuk keterbacaan.