Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 1443 H
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Hari Idul Fitri 2022 tinggal menghitung hari lagi. Jika menurut kalender nasional, 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin (2/4). Namun itu belum final, karena pemerintah masih menunggu keputusan sidang isbat untuk mengumumkan secara resmi tanggal berapa 1 Syawal.

Laman resmi Kementerian Agama menyebutkan, sidang Isbat atau penetapan awal 1 Syawal 1443 H akan digelar pada 1 Mei 2022. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib, mengatakan, pihaknya mengundang organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan duta besar negara sahabat.

Karena masih pandemi, sidang isbat awal Syawal 1443 H digelar secara hybrid, melalui daring dan luring. Secara luring, sidang isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Peserta yang mengikuti secara daring akan dfasilitasi melalui aplikasi Zoom.

Baca juga:
BMKG Beri Sinyal Umat Islam Indonesia Tahun Ini akan Lebaran Bareng

“Pelaksanaan sidang isbat diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, dilanjutkan dengan informasi hasil rukyatul hilal yang digelar di 99 titik di seluruh Indonesia. Selanjutnya akan ditetapkan awal Syawal 1443 H dengan mempertimbangkan hasil hisab dan hasil rukyat, serta masukan dari peserta sidang,” katanya.

"Hasil sidang isbat awal Syawal 1443 H akan diumumkan melalui telekonferensi pers yang disiarkan TVRI sebagai tv pool," tambahnya.

Sebelumnya, Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam Kemenag, menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal. Secara hisab, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

Baca juga:
Deretan Ucapan Lebaran untuk Dibagi via WA

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," jelas Kamaruddin di Jakarta.

“Hasil sidang isbat akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI. Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” tandasnya.

Berikut link streaming Sidang Isbat Idul Fitri 1443 H:
- https://tvri.go.id/live (Siaran TVRI)
- https://www.instagram.com/kemenag_ri/ (Instagram Kementrian Agama)
- https://twitter.com/Kemenag_RI (Twitter Kemenag)
- https://www.youtube.com/channel/UCg8r6lAzXP9OCyR0G1uBewg (YouTube Kemenag)

SHARE:

Elon Musk Resmikan Operasional Starlink di Indonesia

Android 15 Tawarkan Peningkatan Waktu Siaga Baterai Hingga 3 Jam