Technologue.id, Jakarta – Pernahkah Anda membuka Task Manager di laptop atau PC Windows 10 Anda dan mendapati sebuah proses bernama LockApp.exe? Dari logonya, aplikasi itu tampak tak terpercaya. Aplikasi atau software yang sedang Anda pakai pun kemungkinan besar namanya bukan LockApp.

Lantas, aplikasi apa itu? Apakah kehadiran LockApp.exe ini normal?

Baca juga:

File “desktop.ini” Virus? Begini Cara Lenyapkannya di Windows 10

Menurut HowToGeek.com (18/09/2018), jangan panik. Sebab, LockApp.exe merupakan bagian dari sistem operasi Windows 10. Guna proses ini adalah menampilkan lock screen di awal-awal sebelum Anda sign-in ke laptop atau PC tersebut.

LockApp.exe, Aplikasi "Mencurigakan" di Windows 10
Lock screen di Windows 10 (Ulwan Fakhri Noviadhista / Technologue.id)

Anda bisa mengecek sendiri, dengan mengklik opsi “Open file location” dari Task Manager setelah menyorot LockApp.exe. Nantinya, Anda akan diantarkan ke folder C:\Windows\SystemApps\Microsoft.LockApp_cw5n1h2txyewy. Kecuali ia berada di folder lain, barulah Anda patut curiga.

Baca juga:

Tips Hemat Kuota Saat Pakai Spotify

Nah, kalau tugasnya hanya di permulaan, mengapa aplikasi LockApp masih berjalan di background saat proses sign-in berhasil?

Sebenarnya, Anda bisa-bisa saja untuk menonaktifkannya. Ketika LockApp.exe di-disable, maka Anda hanya akan mendapati laman sign-in ke laptop atau PC biasa, tanpa “wallpaper” dan informasi seperti jam serta tanggal.

Baca juga:

5 Aksesori Wajib untuk Main PUBG Mobile

Akan tetapi, hal ini sejatinya tak terlalu perlu, mengingat LockApp.exe tidak memakan banyak resource RAM Anda. Ketika aktif, LockApp.exe mengonsumsi sekitar 10 sampai 12 MB. CPU usage-nya juga sangat rendah. Sementara begitu proses sign-in terlewati, LockApp.exe cuma menggunakan 48K memori.

Men-disable LockApp.exe mungkin akan mempercepat proses Anda sign-in. Namun, selain konsumsi memorinya tak signifikan, tidakkah Anda ingin mempertahankan lock screen sebagai ciri khas dari Windows 10?