Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Virus Corona

Technologue.id, Jakarta – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan aplikasi pendeteksi virus Corona. Diberi nama EndCorona, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur.

Dalam peluncurannya secara online melalui YouTube pada Rabu (1/4/2020), Arya Lukmana selaku penggagas aplikasi mengatakan, “EndCorona hadir untuk membantu Anda mengetahui risiko terkena Covid-19, dan memberikan informasi konten edukasi, statistik terkini dan berita yang relevan yang kami kurasi sendiri.”

Baca Juga:
Aplikasi Tangkal Corona Besutan Anak Bangsa Tersedia di Play Store

Dikatakan bahwa aplikasi buatan anak bangsa ini mempunyai fitur utama yaitu asesmen. Fitur ini memungkinkan diri sendiri untuk mengetahui resiko tertular virus Corona dengan kategori resiko rendah, hati-hati, rentan, dan sangat rentan.

Hasil asesmen ini diklaim akan keluar hanya dalam waktu 3 menit. Apabila didapatlan hasil rentan atau sangat rentan, pengguna akan dianjurkan menghubungi hotline yang tertera.

Arya menambahkan hasil asesmen ini didapat dari pengkajian mendalam tim pembimbing FKUI-RSCM berdasarkan jurnal ilmiah serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti.

Selain itu, aplikasi EndCorona ini juga menghadirkan fitur yang mengedukasi. Pengguna akan mendapatkan banyak informasi yang terbukti kebenarannya untuk menghindari kebingungan akibat maraknya hoaks.

Baca Juga:
Di Tanah Sendiri, Alat Tes Virus Corona Besutan Anak Bangsa Belum Dapat Izin

Saat ini EndCorona hanya bisa diakses melalui website endcorona.fk.ui.ac.id dan endcorona.id atau diinstal di platform Android dalam bentuk APK. Dalam waktu dekat aplikasi ini akan tersedia di toko aplikasi baik platform Android dan juga iOS.

EndCorona sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Kedokteran UI (FKUI) dengan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI). Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Recent Articles

Zenius Gelar Try Out UTBK Gratis, Berhadiah Beasiswa Pendidikan

Technologue.id, Jakarta - Zenius Education mengumumkan pembukaan registrasi Grand Try Out yang diadakan untuk membantu calon mahasiswa lolos Ujian Tulis Berbasis Komputer...

Gojek Dukung 100.000 UMKM Migrasi ke Bisnis Online di Tengah Pandemi COVID-19

Technologue.id, Jakarta - Gojek kembali membuktikan kepemimpinan dan keandalannya sebagai super app terdepan di Indonesia dengan menyediakan solusi dan perangkat lengkap agar...

Masuki New Normal, FastKey di Rumah.com Hadirkan Unit Properti Langsung ke Genggaman Pembeli

Technologue.id, Jakarta - PropertyGuru Group, perusahaan teknologi properti terkemuka di Asia induk usaha dari Rumah.com hari ini menghadirkan fitur digital baru 'StoryTeller'...

Bisnis Digital Dikenai Pajak, Trump Ancam Ambil Tindakan

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump geram melihat sejumlah negara akan menarik pajak untuk perusahaan berbasis digital seperti Netflix dan...

Sama Persis, Fitur Telkomsel CloudX Juga ‘Diracik’ oleh Developer Zoom

Technologue.id, Jakarta - Di tengah pandemi Corona, aplikasi video telekonferensi menjadi salah satu layanan komunikasi yang paling diminati. Bila aplikasi meeting online...

Related Stories