Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Pendeteksi Virus Corona

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan aplikasi pendeteksi virus Corona. Diberi nama EndCorona, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur.

Dalam peluncurannya secara online melalui YouTube pada Rabu (1/4/2020), Arya Lukmana selaku penggagas aplikasi mengatakan, “EndCorona hadir untuk membantu Anda mengetahui risiko terkena Covid-19, dan memberikan informasi konten edukasi, statistik terkini dan berita yang relevan yang kami kurasi sendiri.”

Baca Juga:
Aplikasi Tangkal Corona Besutan Anak Bangsa Tersedia di Play Store

Dikatakan bahwa aplikasi buatan anak bangsa ini mempunyai fitur utama yaitu asesmen. Fitur ini memungkinkan diri sendiri untuk mengetahui resiko tertular virus Corona dengan kategori resiko rendah, hati-hati, rentan, dan sangat rentan.

Hasil asesmen ini diklaim akan keluar hanya dalam waktu 3 menit. Apabila didapatlan hasil rentan atau sangat rentan, pengguna akan dianjurkan menghubungi hotline yang tertera.

Arya menambahkan hasil asesmen ini didapat dari pengkajian mendalam tim pembimbing FKUI-RSCM berdasarkan jurnal ilmiah serta rekomendasi nasional dan internasional berbasis bukti.

Selain itu, aplikasi EndCorona ini juga menghadirkan fitur yang mengedukasi. Pengguna akan mendapatkan banyak informasi yang terbukti kebenarannya untuk menghindari kebingungan akibat maraknya hoaks.

Baca Juga:
Di Tanah Sendiri, Alat Tes Virus Corona Besutan Anak Bangsa Belum Dapat Izin

Saat ini EndCorona hanya bisa diakses melalui website endcorona.fk.ui.ac.id dan endcorona.id atau diinstal di platform Android dalam bentuk APK. Dalam waktu dekat aplikasi ini akan tersedia di toko aplikasi baik platform Android dan juga iOS.

EndCorona sendiri merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Kedokteran UI (FKUI) dengan Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI). Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories