Technologue.id, Jakarta – Emago, startup buatan anak muda Indonesia, ikut meramaikan industri game di Tanah Air. Mereka baru saja meluncurkan platform game streaming berbasis cloud atau dikenal cloud gaming.

Emago menyediakan game–game berkualitas dan berlisensi resmi secara instan tanpa perlu menggunakan perangkat canggih dan mahal. Semua komputasi game dilakukan oleh server Emago. Progress game juga akan disimpan dan diakses di akun user.

Menurut izzuddin al azzam, CEO & Co Founder Emago, alasan yang melatarbelakangi terciptanya cloud gaming ini adalah jika seseorang ingin bermain game maka akan sangat banyak membutuhkan dana, biaya utama untuk bermain game yaitu memiliki PC game dengan spek highend dan storage besar karena ukuran satu judul game sangat besar. Biaya kedua yaitu dari mahalnya membeli game itu sendiri.

“Dengan adanya Emago kami harap dapat menyelesaikan problem tersebut, dan membuat gamer di Indonesia dapat menikmati pengalaman bermain game semudah akses Netflix atau Spotify,” tutur Izzuddin Al Azzam.

- Advertisement -

Baca Juga:
Akan Lebih Banyak Orang Main Game di Smartphone, Ini Sebabnya

Sejak awal 2017 hingga sekarang, Emago terus berkembang dengan banyak sekali publisher ternama dunia yang bekerjasama sampai saat ini diantaranya THQ nordic, Codemaster, Disney, badland games, dan lain lain.

Selain itu akan terus bertambah kedepannya jumlah publisher lokal dan dunia yang bergabung dengan Emago. Diinkubasi oleh Telkom Indonesia, perusahaan juga dibantu dari sisi penyediaan network yang luas sehingga seluruh Indonesia dapat mengakses layanan ini.

“Kelebihan Emago yaitu bekerjasama dengan berbagai publisher dunia sehingga gamer tidak perlu sama sekali mengeluarkan uang untuk mendapat game license lagi. Selain itu Emago juga bekerjasama dengan Intel untuk menyediakan server gaming terbaik yang ditempatkan di Jakarta agar user mendapatkan latency minimum”, kata Nugroho Budi Wicaksono, Co Founder Emago.

Baca Juga:
Startup Buatan Indonesia Luncurkan Platform Gaming Komputasi Awan Skyegrid

Saat ini Emago sudah bisa dimainkan di PC/Laptop dengan OS Windows 7 keatas, Speed yang dibutuhkan jika ingin mendapatkan kualitas game yang stabil dan gambar yang maksimal membutuhkan speedtest Download > 10mbps, Upload > 1mbps, Ping < 30ms ke Telkom Jakarta.

Untuk bermain di platform Emago cloud gaming cukup dengan membuat akun pada website www.emago.id, menginstall driver khusus, dan membayar paket berlangganan mulai dari Rp50 ribu (untuk 10 game), Rp100 ribu (untuk 20 game), dan Rp150 ribu (paket all akses seluruh game). Metode pembayarannya pun cukup mudah yaitu bisa melalui credit card, bank transfer, atau melalui offline store dari alfamart group.

Izzuddin Al Azzam menambahkan, “Kami berharap Emago dapat menjadi jawaban bagi gamer Indonesia sekaligus industri game di Indonesia itu sendiri. Karena banyak pihak yang menganggap cloud gaming adalah masa depan industri game, bahkan perusahaan raksasa seperti Google dan Microsoft pun sedang merancang project cloud gaming masing-masing. Kami berharap Emago dapat menjadi pioneer sehingga industry game di Indonesia tidak lagi dijajah oleh negara asing.”