Malware Ganas Serang Komputer Mac M1

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Seorang peneliti keamanan macOS independen menemukan aplikasi berbahaya yang sengaja dirancang untuk meretas prosesor Apple Silicon M1 di komputer Mac. Perangkat yang terancam diantaranya Apple M1 MacBook Air, M1 MacBook Pro, atau M1 Mac Mini.

Dilansir dari The Notebook Check (17/2/2021), Patrick Wardle, peneliti keamanan macOS, melaporkan adanya serangan aplikasi berbahaya bernama GoSearch22.app, yang merupakan turunan dari adware ‘Pirrit’.

Baca Juga:
Malware “Silver Sparrow” Serang Apple Mac

Adware Ini bertanggung jawab untuk menampilkan iklan dan mengumpulkan data dari pengguna. Bahkan beberapa popup yang ditampilkan adware GoSearch22 ini juga ditautkan ke berbagai situs berbahaya, yang dari sini bisa membuka jalan dari berbagai malware berbahaya lainnya.

Varian Pirrit ini menginstal dirinya sendiri sebagai ekstensi Safari yang berbahaya. Yang awalnya memang dibuat untuk bisa berjalan di prosesor dengan arsitektur x86 seperti Intel.

Patrick Wardle mendapati munculnya malware ini sejak akhir Desember 2021 silam. Bagi pengguna yang tidak menyadari, Pirrit merupakan keluarga adwar Mac tertua dan paling aktif ditemukan di platform ini. Karena memang tergolong malware, tentunya membahayakan perangkat dengan chip Apple M1.

Baca Juga:
Malware Paling Bahaya di Dunia Berhasil Dilumpuhkan

Anehnya, peneliti keamanan Mac ini mendapati kalau adware ini dikembangkan bahkan mendapatkan izin dari ID pengembang Apple pada November 2020 silam. Untungnya sudah dicabut dalam waktu singkat.

Patrick Wardle menambahkan kalau malware yang didesain untuk chip Apple M1 akan susah untuk dideteksi antivirus karena berbeda sekali dibandingkan x86. Dan temuan ini baru permualaan dari dugaan akan hadirnya varian-varian lainnya.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories