Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Manchester City Produksi Smart Scarf Buat The Citizens
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Klub sepakbola asal Inggris, Manchester City, mengembangkan teknologi yang mampu melacak biometrik para penggemarnya. Uniknya teknologi ini dibuat dalam sebuah syal pintar alias smart scarf.

Syal pintar bernama 'Connected Scarf' ini hasil kolaborasi manajemen Manchester City dengan perusahaan teknologi Cisco. Keduanya mengembangkan sensor EmotiBit untuk melacak reaksi emosi para supporter.

Baca Juga:
Apple Luncurkan Smartwatch Khusus Olahraga Ekstrem

Mengutip The Verge (27/7/2022), sensor itu berfungsi untuk melacak detak jantung, suhu tubuh, dan keadaan emosi pemakainya selama pertandingan. Semua ini adalah sensor khas yang biasa ditemukan pada pelacak kebugaran (fitness tracker).

Jadi intinya, Manchester City berharap untuk mendapatkan data terukur tentang pergerakan, detak jantung, dan respons emosional para penggemarnya terhadap sebuah pertandingan.

Dengan begitu, teknologi ini akan membawa 'suporter lebih dekat ke permainan daripada sebelumnya'.

Seperti syal pada umumnya, Connected Scarf dikalungkan di leher pengguna.

Cisco mengatakan telah menyelesaikan program percontohan untuk menguji perangkat itu. Perusahaan dan Manchester City mengundang enam Citizens (sebutan penggemar Manchester City) untuk menonton tim bermain.

Baca Juga:
Smartwatch Khusus Anak Huawei Punya Fitur Perlindungan Mata

Dalam pengujian, syal mampu merekam data 120 momen menarik, sehingga memberikan informasi konkret untuk menganalisis bagaimana perasaan setiap suporter di ruangan tersebut.

"Dengan menggunakan data, kami akan dapat memahami penggemar lebih dari sebelumnya," kata Chintan Patel, Chief Technology Officer Cisco UK dan Irlandia.

Ia menambahkan teknologi ini memberikan kesempatan untuk menjadi lebih inklusif dan belajar lebih banyak tentang peran olahraga dalam semua kehidupan manusia.

Perusahaan berencana untuk membawa Connected Scarf kepada para penggemar Manchester City di musim depan, tetapi tidak dijelaskan apakah aksesori itu akan menjadi barang komersial atau tidak.

SHARE:

Peminat Makin Banyak, Kenapa MG Belum Jual Maxus 9?

CEO Perusahaan Teknologi Investasi Triliunan ke Indonesia, Pengamat: Harus Jelas Pembuktiannya