HomeLatest NewsMasyarakat Makin Rajin Internetan, XL Axiata Ketiban Durian Runtuh

Masyarakat Makin Rajin Internetan, XL Axiata Ketiban Durian Runtuh

Technologue.id, Jakarta – Susah meragukan XL Axiata sebagai salah satu raksasa di bisnis telekomunikasi nasional. Sebab, XL sudah melunasi beragam indikator penilaian terkait titel tersebut, mulai dari basis pengguna yang besar, positifnya neraca keuangan perusahaan, hingga infrastruktur yang memadai.

Hal itu dirangkum dalam laporan hasil audit kinerja XL yang diterima redaksi. Pertama dari segi pengguna, operator yang identik dengan warna biru ini mengklaim telah memiliki 46,5 juta pengguna hingga akhir 2016. Jumlah itu lebih banyak dari 11 persen dari total pelanggan tahun sebelumnya.

Dari 46,5 juta pengguna XL tersebut, lebih dari setengahnya – atau tepatnya 29 juta orang di antaranya – adalah pemakai smartphone. Jumlah yang lebih banyak 64 persen dari tahun lalu itu lantas mendongkrak konsumsi data hingga pada akhirnya keuntungan XL ikut naik.

Terbukti, XL membukukan laba sebesar Rp 376 miliar pada tahun 2016, jauh lebih baik ketimbang tahun 2015 yang malah merugi Rp 25 miliar. Menariknya, per Q4 2016, layanan data mampu menyumbang 50 persen dari total pendapatan XL, sehingga Gross Revenue terdorong oleh pertumbuhan pendapatan tersebut. Total trafik di seluruh jaringan XL selama setahun terakhir pun ikut meroket dengan selisih 162 persen dari tahun lalu akibat pertumbuhan trafik Data.

Perusahaan yang mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996 itu juga membekali diri dengan lebih dari 8.200 BTS 4G se-Indonesia yang juga diimbangi dengan penggelaran jaringan 3G di frekuensi 900 MHz. Investasi jaringan ini membuat XL berhasil mencakupkan jaringan 4G LTE-nya ke hampir 100 kota di pelbagai daerah.

“Selanjutnya, dengan selesainya berbagai inisiatif pengelolaan neraca keuangan dan tercapainya berbagai efisiensi biaya yang dilakukan, kami telah membangun pondasi untuk bisa meraih kinerja yang lebih baik di tahun 2017. Dengan demikian, jelas bahwa strategi 3R (Revamp, Rise, Reinvent) adalah strategi yang tepat untuk membangun bisnis XL menjadi lebih berkelanjutan dan menguntungkan,” terang Presiden Direktur & CEO XL, Dian Siswarini. (01/02/17).

 

Baca juga:

Peluk Wanita Tangguh Indonesia, XL Axiata Pakai Cara Ini

Yes, Download Pakai XL Bakal Lebih Cepat!

Cuma Pelanggan XL yang Bisa Beli Kartu Spesial Ini di Minimarket!

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More