Technologue.id, Jakarta – Inovasi desain smartphone semakin eksentrik. Seperti Meizu memberikan warna baru bagi desain smartphone yang ada, dengan merilis smartphone tanpa lubang pertama alias holeless di dunia, Meizu Zero.

Maksud tanpa lubang di sini, Meizu Zero tidak mempunyai tombol, tanpa lubang speaker, tanpa slot SIM card, apalagi port charging, seperti fitur standar yang ditemui pada sebuah smartphone. Bagian luar bodinya terlihat mulus tanpa sambungan. Satu-satunya elemen yang mengganggu permukaan all-display, unibody keramik setebal 7,8mm adalah kamera belakang 12MP + 20MP dan lubang mikrofon kecil.

Meski nihil tombol, Meizu dilengkapi sistem haptic feedback yang disebut bisa menawarkan tombol sentuh kapasitif pada bagian sisi ponsel sebagai pengganti tombol power dan volume konvensional. Mirip dengan desain HTC U12+ tanpa tombol yang menonjol pada frame.

Baca Juga:
Meizu Banjiri Indonesia dengan Trio Smartphone Anyar

- Advertisement -

Zero tak mempunyai notch di layar AMOLED berukuran 5,99 incinya, melainkan mempunyai bezel tipis di atas dan bawah. Tak adanya lubang pada bagian luar perangkat ini membuatnya punya rating IP68 yang tahan air dan debu.

Speaker Meizu mSound 2.0 pada Zero menggunakan transduser piezoelektrik di bawah layar, yang sebelumnya ada di Sharp Aquos Crystal dan Xiaomi Mi Mix, dilansir dari GSMarena (23/1/2019). Selain speaker, ada juga sensor sidik jari di bawah layar. Lalu slot SIM cardnya diganti dengan teknologi eSIM, seperti trio iPhone terbaru.

Baca Juga:
Vivo Apex 2019 Siap Rilis Bulan Ini

Bagian tersulit saat vendor asal Tiongkok itu merakit ponsel ini adalah menghilangkan pengisian daya. Untuk pengisian daya sepenuhnya dilakukan secara wireless, yang bakal ngebut karena memiliki daya maksimal 18 watt melalui teknologi Super mCharger Wireless. Sementara itu, transfer data hanya akan dilakukan melalui Wi-Fi dan jaringan seluler.

Soal jeroan internal sendiri belum diungkap secara gamblang. Belum diketahui spesifikasi prosesor, memori internal, RAM, dan lainnya. Bila penasaran, harap bersabar karena Meizu Zero akan dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol bulan Februari mendatang. Meizu Zero akan datang dalam balutan warna Hitam atau Putih.