Technologue.id, Jakarta – Di tengah social distancing saat ini, komunikasi via online menjadi sarana utama berhubungan dengan orang lain secara aman. Fitur group video call di WhatsApp semakin memudahkan penggunanya untuk tetap bertatap muka tanpa perlu berada di dekatnya.

Untuk memulai group video call, WhatsAp telah memperbarui dengan membubuhkan ikon khusus bergambar telepon bertanda plus (+). Tombol ini bisa ditemukan di pojok kanan atas di ruang group chat (obrolan grup).

Baca Juga:
Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Pengguna cukup mengetuk tombol tersebut untuk memulai panggilan, kemudian pilih maksimal tiga anggota grup. Sehingga, total anggota panggilan group bisa tetap empat orang – bersama dengan inisiator panggilan grup – sebagaimana jumlah maksimal peserta dalam fitur group call yang sudah ada.

Di sisi kanan atas akan muncul pilihan ingin melakukan group video call (tombol sebelah kiri) atau group call (tombol sebelah kanan). Perlu diingat jika cara ini hanya bisa dilakukan melalui group chat dengan mengajak anggota yang terdaftar dalam group.

Baca Juga:
Waduh, Ditemukan Cacat Keamanan Aplikasi WhatsApp di Desktop

Untuk membuat panggilan grup diluar group chat, harus dilakukan secara manual. Inisiator telepon pertama juga hanya bisa memilih kontak dari nomor yang telah mereka simpan saja.

Ketika sudah ada dua atau tiga orang masuk dalam satu obrolan, penerima video call selanjutnya bisa melihat foto profil dan nomor atau nama semua partisipan yang sudah bergabung. Sehingga bisa membantu penerima video call untuk menentukan apakah ingin bergabung atau tidak.