Technologue.id, Jakarta – WhatsApp memang awalnya sebagai aplikasi seluler bagi pengguna untuk bisa mengobrol satu sama lain. Tapi perusahaan telah mengembangkannya dan membuat aplikasi WhatsApp versi desktop.

Namun, jika memang ingin menggunakan WhatsApp di desktop, sebaiknya mempertimbangkan untuk memastikan bahwa telah diperbarui ke versi terbaru. Sebab menurut penelitian PerimeterX Gal Weizman, telah ditemukan WhatsApp versi desktop memiliki cacat keamanan yang memengaruhi Windows dan Mac.

Baca Juga:
Bos Tesla Ledek Sistem Keamanan WhatsApp

Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo, jika cacat tersebut dieksploitasi, akan memungkinkan peretas untuk mengakses file dari jarak jauh pada file tersebut dalam hal ini komputer korban. Ini karena WhatsApp untuk dekstop dibuat menggunakan versi Google yang lebih lama dari mesin web Chromium.

Alasan penggunaan versi Google tentunya karena membuatnya lebih mudah untuk membuat versi multi-platform aplikasi berdasarkan teknologi web, meskipun sisi buruknya adalah bahwa kerangka kerja ini tidak aman jika didasarkan pada mesin yang sudah ketinggalan zaman.

Baca Juga:
Dinilai Berbahaya, Bos Telegram Ajak Penduduk Bumi Hapus Whatsapp

Akan tetapi, beruntungnya kelemahan keamanan ini telah ditambal setelah Facebook sudah diberitahu soal itu. Tapi sebaiknya Anda harus memastikan bahwa WhatsApp Anda untuk versi dekstop adalah versi terbaru, dan pastikan selalu diupdate bila ingin menjaga diri tetap aman.