Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Menkominfo: 4.988 BTS Siap Beroperasi, Tunggu Diresmikan Presiden Joko Widodo
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyatakan Presiden Joko Widodo akan meresmikan penggunaan 4.988 BTS di daerah 3T yang dibangun BAKTI Kominfo.

“Proyek tersebut pembangunannya telah selesai dikerjakan dan menunggu waktu peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo. Jadi, nanti Bapak Presiden Joko Widodo bisa melakukan peresmian beroperasinya BTS 4G BAKTI Kominfo,” ungkapnya.

Menkominfo mengaku telah berkomunikasi dengan kepala negara mengenai jadwal peresmian. Menurutnya, saat peresmian, Kementerian Kominfo akan menggelar konferensi pers di lokasi pembangunan BTS 4G, terutama di 26 lokasi yang akan terhubung lewat konferensi video.

Baca Juga:
Teknologi yang Diprediksi Menjadi Tren Sepanjang 2024

Hingga Desember 2023, Menteri Budi Arie menyatakan sebanyak 4.988 BTS dari total 5.618 BTS ditargetkan beroperasi penuh. Sedangkan sisanya akan dikebut untuk diselesaikan dengan memperhatikan kondisi geografis dan tantangan yang ada.

Dikatakan ada sisa 630 lokasi yang memang berpotensi di-carry over tahun depan karena pertimbangkan keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau dan sebagainya. Oleh karena itu Menkominfo menyatakan akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah untuk menemukan solusi penyelesaian pembangunan di lokasi-lokasi tersebut.

“Jadi, kita melibatkan multistakeholders untuk menyelesaikan pembangunannya. Kita terus merembukkan supaya akses telekomunikasi terutama untuk masyarakat di daerah 3T, bisa memiliki konektivitas, mendapat pelayanan untuk menggunakan internet,” tandasnya.

Selain itu musyawarah juga tetap diperlukan untuk memilih solusi-solusi yang lebih komprehensif dan tepat guna sesuai dengan kondisi geografis dan tantangan di wilayah-wilayah tersebut, agar proyek ini bisa melayani masyarakat.

Baca Juga:
Menkominfo: Pemanfaatan Ruang Digital Harus Sesuai Aturan

Pembiayaan pembangunan BTS 4G berasal dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola Kementerian Kominfo. Bahkan, BAKTI Kementerian Kominfo juga melanjutkan kontrak kerja dengan mitra terdahulu untuk operasional BTS 4G di daerah 3T.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerataan infrastruktur digital nasional. Pembangunan menara BTS 4G BAKTI adalah upaya nyata Kementerian Kominfo guna memenuhi komitmen menghadirkan layanan seluler 4G bagi masyarakat di daerah 3T secara bertahap, karena proyek ini merupakan salah satu agenda strategis nasional,” tandas Menkominfo Budi Arie Setiadi.

SHARE:

Indosat Gandeng Huawei Kembangkan Inovasi Berbasis AI

Kenalan dengan Krom, Aplikasi Layanan Perbankan untuk Generasi Milenial