Copyright 2022 Technologue ID. All rights reserved.

Hot Issue News Latest News Headline

Menkominfo Bangun Kerjasama dengan Korea untuk Perkuat Infrastruktur Digital

byZulfi Apriani - editorDenny Mahardy Jun 18, 2022

Technologue.id - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dan Menteri Dalam Negeri dan Keamanan Republik, Korea Lee Sang Min, baru saja membicarakan peluang kemitraan kedua negara di bidang pengembangan dan pembiayaan pusat data. 

“Kami bertukar pengalaman untuk mendiskusikan pengembangan dan rencana pembiayaan pusat data.” jelasnya usai pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

Baca Juga:
Widget Google Maps Terbaru Bawa Prediksi Lalu Lintas ke Layar Beranda

Menteri Johnny menyatakan Pemerintah Republik Indonesia tengah menyiapkan berbagai kebiijakan dan implementasi penyelenggaraan pemerintahan elektronik. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan dukungan infrastruktur berupa Pusat Data Nasional.

Menurut Menkominfo, Pemerintah Republik Korea juga memiliki peran penting dalam transformasi dan teknologi digital yang berlangsung secara global. 

Seperti diketahui, saat ini, Kementerian Kominfo telah menyiapkan lokasi pembangunan Pusat Data Nasional di Batam, Kepulauan Riau. Menkominfo juga telah meninjau calon lokasi PDN yang memiliki luas tanah hampir 5 hektar itu. 

Menteri Johnny menyatakan kita memasuki era bisnis dan kebijakan ekonomi berbasis cloud. Oleh karena itu, pengembangan data center merupakan investasi yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia.  

Selain itu, Menteri Johnny pun menyatakan akan berupaya mempersiapkan pendanaan yang diperlukan agar pelaksanaan proyek dapat berlangsung aman dan tepat waktu.

Bahkan, Menkominfo menyatakan beberapa negara telah menyampaikan komitmen untuk mendukung pendanaan yang fleksibel.

Menteri Johnny menekankan bahwa pembangunan Pusat Data Nasional memiliki manfaat besar bagi kedua negara karena akan membuat hubungan kedua negara akan lebih berkembang. 

Baca Juga:
Menkominfo Bangun Kerjasama dengan Uni Eropa

“Proyek ini bermanfaat dan baik bagi Indonesia dan Republik Korea, terutama untuk proses pengambilan keputusan yang benar dan tepat dalam membantu kedua negara berkembang lagi,” tandasnya.

Tidak lupa, Menteri Johnny juga memberi ucapan selamat atas terpilihnya kabinet baru di Republik Korea, seraya mengharapkan kerja sama kedua negara akan terjalin lebih erat.  

#Kominfo #Menkominfo #InfrastrukturDigital #KerjasamaBilateral

Baca Juga