Menkominfo Bicara Kedaulatan Data Dihadapan Google

Technologue.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G Plate, membahas soal keamanan data pribadi pengguna saat menghadiri acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Ia menekankan pentingnya memiliki kepastian perlindungan terhadap data pribadi ketika mengarah menjadi negara dan bangsa digital. Regulasi perlindungan data pribadi menjadi hal penting yang harus dibuat pemerintah dalam menyongsong revolusi Industri 4.0.

“Kita akan membuat Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi atau General Data Protection Regulation (GDPR). Kita butuh itu untuk memastikan adanya kedaulatan data dan data digunakan untuk kepentingan negara dan kepentingan masyarakat,” tutur Johnny.

Dijelaskan Johnny, mereka ingin berdiskusi untuk mencari benchmark-benchmark dalam menyempurnakan RUU PDP agar bermanfaat bagi dunia usaha, khususnya di Indonesia.

Selain isu privacy, Menkominfo yang baru ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo itu juga menyoroti pembangunan data center di Indonesia. Johnny mendesak raksasa teknologi Google untuk segera membangun data center lokal.

“Saya punya permintaan ke Google untuk mari bersama-sama kita siapkan data center di teritorial Indonesia. Kita paham di era globalisasi ada extra territorial tapi khusus Indonesia yang juga besar di dunia digital mari kita pastikan bahwa Indonesia memiliki data center yang terintegrasi,” kata Johnny.

Dengan data center yang terintegrasi, kedaulatan data yang dibangun di Indonesia tidak hanya akan bermanfaaat untuk negara saja, melainkan juga bagi kemaslahatan umat manusia secara global.

Permintaan Menkominfo ini langsung mendapat tanggapan positif dari Google. Perusahaan bahkan mengungkap rencana pembangunan data center di Indonesia pada semester pertama 2020.

Recent Articles

Mid Year Sale, Shopee Live Bikin Pelanggan Jadi Jutawan

Technologue.id, Jakarta - Shopee menghadirkan inovasi terbaru di kampanye 8.8 Mid Year Sale melalui Shopee Live Jutawan. Inovasi ini...

Huawei Segera Luncurkan Mate V, Ponsel Lipat Mirip Galaxy Fold

Technologue.id, Jakarta - Huawei dikabarkan akan segera meluncurkan ponsel lipat terbarunya. Hal ini berdasarkan laporan yang menyebut bahwa perusahaan asal China itu...

Video Call di LINE Kini Bisa Tampung Hingga 500 Orang

Technologue.id, Jakarta - LINE Corp mengumumkan pembaruan untuk layanan panggilan grup aplikasi pertukaran pesan LINE, baik audio maupun video, yang kini bisa...

Sony Berminat Beli Pembuat Game Gears Tactics dan Warframe

Technologue.id, Jakarta - Sony sedang mempertimbangkan tawaran kepada perusahaan pembuat game Gears Tactics dan Warframe, yaitu Digital Extremes dan Splash Damage. Perusahaan kabarnya...

Begini Rupa Xiaomi Mi Band 5

Technologue.id, Jakarta - Smartband buatan Xiaomi, Mi Band tahun ini memasuki generasi kelima. Dan saat ini sudah diluncurkan di Tiongkok. Namun untuk...

Related Stories