InternetSKKL Terganggu, Menkominfo Imbau Masyarakat Papua Hemat Data

SKKL Terganggu, Menkominfo Imbau Masyarakat Papua Hemat Data

Technologue.id, Jakarta – Selama pemulihan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Merauke-Timika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama PT Telkom Indonesia memprioritaskan layanan telekomunikasi voice dan internet.

Karena itu, Menkominfo Johnny G Plate mengimbau masyarakat yang berada di wilayah Papua memanfatkan jaringan telekomunkasi untuk kepentingan prioritas terlebih dahulu.

“Kominfo dan PT Telkom akan menyiapkan ini untuk kebutuhan-kebutuhan yang spesifik, sehingga layanan telekomunikasi tetap berlangsung dengan baik walaupun tidak sebesar seperti yang disediakan melalui jaringan tulang punggung,” kata Jhonny G Plate dalam Konferensi Pers Terkait Progres Penyelesaian Gangguan SKKL Telkom Segmen Merauke-Timika yang berlangsung hibrida dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Baca juga:
Kominfo-Telkom Bangun Jaringan Alternatif SKKL Merauke-Timika

Johnny menegaskan, agar pemenuhan layanan telekomunikasi prioritas tidak ditafsirkan sepihak dengan landasan yang tidak tepat. “Ini adalah bagian dari keterbukaan dan dengan tujuan agar jangan sampai informasi berkembang tidak beraturan atau tidak dengan dasar yang benar,” tukasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya tetap memantau kualitas layanan telekomunikasi di kawasan Papua agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai pemulihan dilakukan.

“Begitu pentingnya dan karena ini jaringan tulang punggung pita lebar untuk mentransmisikan data yang besar. Begitu terjadi gangguan kita hanya bisa memanfaatkan satelit dan kapasitas tersisa yang jumlahnya terbatas,” tuturnya.

Baca juga:
Menkominfo Pacu Kolaborasi Gerakan Menuju Smart City 2022

Karena itu, Sekjen NasDem itu kembali berharap agar masyarakat di kawasan terdampak bisa memanfaatkan layanan telekomunikasi untuk kebutuhan prioritas. Menurut dia, Kementerian Kominfo telah menyiapkan jaringan untuk kebutuhan yang spesifik agar layanan telekomunikasi tetap berlangaung dengan baik.

“Walaupun tidak sebesar yang disediakan dari jaringan tulang punggung. Sehingga kepada masyarakat setempat kami sampaikan agar selama terjadinya gangguan ini untuk memanfaatkan bandwith itu untuk kepentingan prioritas terlebih dahulu,” imbaunya.

Related articles

Facebook Kini Sediakan Fitur Pembelian Paket Data Smartfren

Technologue.id, Jakarta - Smartfren menggandeng Meta meluncurkan Facebook Mobile...

Google Ramalkan Ekonomi Digital RI Tahun 2025 Tembus Rp2.055 Triliun

Technologue.id, Jakarta - Ekonomi digital Indonesia pada 2025 diramalkan...

Samsung Mulai Pamer Teknologi 6G

Technologue.id, Jakarta - Samsung diketahui baru saja memamerkan teknologi...

Kominfo-Telkom Bangun Jaringan Alternatif SKKL Merauke-Timika

Technologue.id, Jakarta - Dalam sepekan terakhir, terjadi gangguan terhadap...

Peluang Bisnis 2022 yang Mau Disamber XL Axiata

Technologue.id, Jakarta - Ada sejumlah peluang positif di Industri...