Technologue.id, Jakarta – Facebook sepertinya ingin menerapkan jargon “internet untuk semua orang” lebih jauh. Makanya, sebelum tutup tahun 2017 lalu, perusahaan berumur 14 tahun tersebut me-launching aplikasi chatting-nya yang khusus untuk pengguna di bawah umur, Messenger Kids.

Aplikasi standalone ini disebut ramah anak, karena punya limitasi yang dapat memproteksi si kecil dan orang tua punya hak untuk mengontrolnya melalui akun Facebook pribadi yang bersangkutan. Salah satu contohnya, adalah orang tua dipersilahkan mengetahui daftar kontak yang bisa dihubungi anaknya sekaligus memblokir user yang dirasa tak perlu berhubungan. Ketika si kecil memblokir akun lewat Messenger Kids pun orang tua bakal mendapat notifikasi.

Baca juga:

Facebook Gandeng Label Musik Ternama, Ini Untungnya Buat Anda

Sementara itu, sisi fun dari aplikasi ini tampak dari tampilannya yang simpel dan thumbnail foto yang lebih besar. Prioritas pada visualisasi ini disiapkan agar anak kerasan atau tak bosan menggunakan Messenger Kids. Tak ketinggalan, GIF, emoji, frame untuk selfie, serta sticker pun telah diisikan dan tentu saja disesuaikan kontennya agar ramah anak.

Messenger Kids, Aplikasi Chatting Khusus Anak yang Bisa Dikontrol Ortu
Messenger Kids (source: Facebook)

Baca juga:

Facebook Bunuh Asisten Virtualnya, M

Untuk bisa menggunakan platform yang diklaim Facebook dikembangkan secara khusus bersama orang tua, anak-anak, serta para pakar ini, si kecil tak perlu membuat akun Facebook sendiri – mengingat Facebook punya standar minimal umur penggunanya juga.

Seperti dijabarkan di situs resmi Facebook, Anda selaku orang tua tinggal memasang aplikasi Messenger Kids di gawai yang biasa mereka pakai, lalu otentikasi device tersebut lewat akun Facebook Anda. Kemudian, tinggal bikin akun baru khusus untuk Anda dan tambahkan kontak-kontak keluarga serta orang terdekat agar bisa lebih mudah menghubungi dan dihubungi anak Anda.

Messenger Kids, Aplikasi Chatting Khusus Anak yang Bisa Dikontrol Ortu
Ilustrasi penggunaan Messenger Kids (sourc: Facebook)

Baca juga:

Hati-hati Malware Mining Berkeliaran di Facebook Messenger!

Sejauh berita ini diturunkan, Messenger Kids baru tersedia untuk platform iOS dan tablet Amazon Fire. Belum ada kepastian kapan aplikasi ini hadir untuk perangkat Android.