Technologue.id, Jakarta – Seiring berkembangnya industri gadget, kapasitas memori eksternal pun ikut bertambah. Jika dahulu 32 GB mungkin sudah terasa besar, kini malah ada microSD berkapasitas 1 TB. Dan malah, microSD 1 TB tersebut sudah mulai masuk ke pasar.

Mengutip dari TheVerge (15/05/19), Sandisk dikabarkan sudah mulai mendistribusikan microSD berkapasitas 1 TB yang termasuk dalam seri Extreme UHS-I melalui website resminya, shop.sandisk.com/store. Pada website tersebut, memori eksternal tersebut dijual seharga US$449,99 atau sekitar Rp6,5 juta.

Selain di website resmi Sandisk, produk tersebut juga mulai dijual melalui e-commerce Amazon untuk wilayah Spanyol, Jerman, dan Inggris. Sementara untuk wilayah lainnya baru akan menyusul di kemudian hari. Sedangkan di Indonesia, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut apakah produk tersebut bakal dijual secara resmi.

Seri ‘Extreme’ pada microSD buatan Sandisk sendiri umumnya memiliki kecepatan maksimal untuk membaca hingga 160 MB/s dan 90 MB/s untuk menulis. Namun untuk microSD berkapasitas 1 TB ini, mereka menjanjikan kecepatan yang lebih rendah, yakni 90 MB/s untuk membaca dan 60 MB/s untuk menulis.

Walaupun belum bisa menyajikan kecepatan yang setara dengan seri Extreme yang memiliki kapasitas lebih rendah, adanya ruang penyimpanan 1 TB membuat pengguna bisa menyimpan banyak konten, termasuk video beresolusi tinggi seperti 4K.