Technologue.id, Jakarta – Microsoft menyatakan akan menghentikan dukungan untuk Windows 7 pada 14 Januari 2020 mendatang. Pernyataan tersebut disampaikan kepada pengguna saat melakukan update sistem operasi Windows 7.

“Setelah 10 tahun, dukungan untuk Windows 7 akan berakhir. 14 Januari 2020 adalah hari terakhir di mana Microsoft akan memberikan dukungan keamanan untuk Windows 7,” tulis Microsoft dalam pemberitahuannya.

Baca Juga:
Microsoft Pensiunkan Cortana di iOS dan Android

Himbauan untuk upgrade ke Windows 8 atau 10 sudah dilakukan beberapa waktu lalu dengan memberikan penawaran upgrade gratis bagi para pengguna Windows 7 agar pengguna benar benar meninggalkan sistem operasi tersebut.

Dengan dihentikannya dukungan terhadap Windows 7, Microsoft juga menghentikan pembaruan sistem keamanannya yang akan membuat perangkat pengguna rentan dan terbuka untuk dimasuki berbagai ancaman keamanan.

Baca Juga:
Tahun Depan, Microsoft Siapkan Layanan Game Streaming xCloud

Contohnya pada awal 2019 lalu, dilaporan terjadi serangan Hacker ke Windows XP dan Windows Server 2003. Diketahui mereka memanfaatkan celah keamanan sistem operasi yang tidak diperbarui sehingga bisa mengakses PC dan menyusupkan malware. Kejadian itu membuat Microsoft terpaksa mengerahkan engineernya untuk menambal celah di OS yang sudah dipensiunkan tersebut.

Dukungan Microsoft untuk Windows 7 sejatinya sudah berakhir sejak 2015 lalu. Microsoft memperpanjang usia Windows 7 sampai 2020 karena sistem operasi ini masih memiliki basis pengguna yang besar.