Technologue.id, Jakarta – Setelah resmi akan menghentikan dukungan pada Windows Phone pada Desember 2019 nanti, Microsoft ke depannya pun bakal melakukan hal yang sama untuk asisten digitalnya, Cortana.

Mengutip dari TheVerge (16/11/19), Microsoft dikabarkan sudah memiliki rencana untuk menghentikan pengoperasian aplikasi Cortana untuk platform Android dan iOS pada bulan Januari 2020 mendatang. Hal itu diutarakan oleh Microsoft melalui artikel pada halaman support dari regional Inggris, Kanda, dan Australia.

“Cortana adalah bagian integral dari visi kami yang lebih luas untuk menghadirkan kekuatan komputasi percakapan dan produktivitas ke semua platform dan perangkat kami”, pernyataan juru bicara Microsoft kepada The Verge.

Meski tak lagi ada untuk platform Android dan iOS, mereka memastikan bahwa Cortana tetap akan hadir namun dalam bentuk yang lain.

“Agar Cortana dapat membantu pengguna, kami mengintegrasikan Cortana lebih dalam ke aplikasi produktivitas Microsoft 365 Anda, dan bagian dari evolusi ini melibatkan penghentian dukungan untuk aplikasi seluler Cortana di Android dan iOS”, lanjut pernyataan Microsoft.

Dengan ditiadakannya layanan Cortana untuk Android dan iOS, berbagai konten yang ada di dalam aplikasi tersebut tak lagi bisa berfungsi meski aplikasi tersebut belum dibuang. Meski begitu, Microsoft berjanji bahwa konten-konten yang ada masih bisa diakses melalui platform Windows.