Microsoft Berhasil Ciptakan Sistem Artificial Intelligence Super Cepat

Microsoft Berhasil Ciptakan Sistem Artificial Intelligence Super Cepat
Project Brainwave Microsoft (source: Microsoft)

Technologue.id, Jakarta – Artificial Intelligence (AI) diproyeksikan oleh banyak pihak sebagai masa depan industri teknologi. Menariknya, selagi perusahaan lain menyiapkan software maupun big data untuk menunjak kinerja AI, Microsoft justru mengenalkan Brainwave.

Mengutip pernyataan resmi Microsoft (22/08/17), Brainwave adalah sistem yang mampu menjalankan dan mengakselerasikan AI super cepat. Dengan sistem ini, model machine learning diklaim bisa lebih cepat dari CPU atau GPU standar.

Baca juga:

Begini Kostum Luar Angkasa Keren SpaceX, Mau Pakai?

Sistem Project Brainwave ini dibuat dengan beberapa keunggulan, di antaranya performa yang tinggi dan latensi yang sangat rendah. Mereka menyebut AI yang telah diakselerasi oleh Brainwave sebagai Real-Time AI, karena diciptakan agar dapat merespons beragam request dan interaksi user saat itu juga.

Baca juga:

Putus dari Netflix, Disney Kini Digandeng Iflix

Raksasa Redmond itu disebut sudah menggunakan Brainwave di sistem yang terpasang di data center-nya. Untuk saat ini, perusahaan yang dipimpin oleh Satya Nadella itu tengah menyiapkan Brainwave agar bisa digunakan para pengguna platform cloud mereka, Azure, juga Bing.

Baca juga:

Ini Masalah Dasar Industri E-Commerce Indonesia Menurut Co-Founder Alibaba

Kendati demikian, Microsoft bukanlah satu-satunya perusahaan yang berinvestasi untuk hardware yang mumpuni untuk AI. Google sebelumnya telah memperkuat chip Tensor Processing Unit-nya. Di samping itu, ada juga segelintir startup yang membikin hardware accelerator untuk machine learning.