Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Microsoft Gelar Program Pelatihan Keamanan Siber Buat Perempuan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Microsoft meluncurkan Ready4Security Indonesia, sebuah program pelatihan di bidang keamanan siber yang menyasar sedikitnya 1.000 siswa dan gresh graduate dari 50 sekolah kejuruan serta universitas di Indonesia, dengan fokus pada perempuan.

Bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, serta organisasi non-profit InfraDigital Foundation, program ini akan memberikan pelatihan keamanan siber dan ujian sertifikasi gratis kepada para pesertanya, serta menggelar rangkaian aktivitas persiapan kerja melalui webinar, mentorship, dan career fairs.

Baca Juga:
Microsoft Hadirkan Fitur Anyar Untuk Bedakan Konten AI dari yang Asli

Program ini sejalan denga prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang melaksanakan program edusiber untuk semua jenjang pendidikan.

Dr. Muhamad Hasan Chabibie, S.T., M.Sc., Kepala Pusat Data dan Informasi Teknologi, Kemendikbudristek mengatakan, "Dalam satu tahun terdapat hampir 1 miliar serangan siber atau jutaan serangan siber setiap harinya, baik berasal dari luar ke Indonesia maupun dari dalam negeri. Situasi ini semakin meningkatkan kebutuhan akan talenta keamanan digital."

Serangan siber seringkali mengakibatkan dampak buruk yang luar biasa. Rata-rata biaya yang perlu dikeluarkan akibat pembobolan dunia maya bahkan tercatat mencapai $4,35 juta. Menyadari gentingnya situasi ini, permintaan akan keterampilan keamanan siber telah meningkat sekitar 35% selama satu tahun terakhir.

Nina Wirahadikusumah, Business Strategy Lead Microsoft Indonesia mengatakan, "Kebutuhan akan lebih banyak pakar keamanan siber dapat dijadikan peluang bagi para generasi penerus bangsa, peluang tersebut terbuka termasuk perempuan."

Baca Juga:
Riset Terbaru Microsoft Ungkap Bagaimana AI Ubah Cara Kerja di Indonesia

Dengan jumlah perempuan di Indonesia yang berpartisipasi sebagai tenaga kerja di bidang teknologi masih berada di angka 22%. Sedangkan untuk menciptakan inovasi berbasis teknologi dan melindungi keamanan dunia digital secara komprehensif, diperlukan diverse talents.

Artinya, ada keterlibatan dari talenta-talenta yang memiliki latar belakang dan perspektif berbeda. Oleh karena itu, Ready4Security menargetkan 80% peserta program adalah perempuan.

SHARE:

Dukung Gaya Hidup Sehat, Chery Meriahkan Color Run Festival Jakarta

Kaspersky Resmi Berhentikan Kontrak Penjualan Produk di Amerika Serikat