Technologue.id, Jakarta – Asisten digital buatan Microsoft, Cortana awalnya disematkan pada platform Windows Mobile, tak lama kemudian kehadirannya juga bisa dijumpai pada Windows 10. Bahkan, Cortana juga sudah ada di platform Android. Lalu kini, Microsoft mulai mencoba mengintegrasikannya dengan sejumlah aplikasi lainnya.

Mengutip dari TheVerge.com (12/03/2018), Microsoft baru saja mengumumkan kalau aplikasi perpesanan buatan Microsoft bernama Microsoft Teams akan segera diintegrasikan dengan Cortana. Ini artinya, aplikasi tersebut kini sudah bisa menerima perintah tak hanya dari sentuhan jemari, tetapi juga suara.

Baca juga:

Microsoft Pix, Aplikasi yang Cocok untuk Eksmud

- Advertisement -

Kehadiran Cortana pada Microsoft Teams sendiri nantinya bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai interaksi ke manusia dan juga sejumlah perangkat lain yang terdapat pada ruang konferensi seperti IP phone. Tak cuma itu, Cortana juga mampu membacakan pesan yang masuk, bahkan menerjemahkannya ke bahasa tertentu secara otomatis.

Baca juga:

Microsoft Segera Perbaiki Masalah Privasi di Windows 10

Bersamaan dengan Cortana, Microsoft juga menambahkan sebuah fitur lainnya ke aplikasi Teams, yakni cloud recording. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menyimpan suara maupun gambar secara otomatis ke cloud. Pengguna pun dapat melakukan transkrip secara otomatis, serta membuat videonya menjadi blur.

Baca juga:

Microsoft Boyong Cortana ke Outlook

Microsoft Teams sendiri diposisikan sebagai pesaing Slack, dikarenakan keduanya lebih fokus untuk menyediakan layanan chat untuk menunjang produktivitas saat bekerja di kantor. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200.000 perusahaan di 181 negara yang sudah menggunakan Teams.