Technologue.id, Jakarta – Spotify punya cara baru untuk mendukung karya musisi independen sembari menjaring pendengar baru. Aplikasi streaming musik asal Swedia itu menghadirkan fitur beta yang memungkinkan para musisi indie untuk mengunggah karya mereka langsung ke Spotify secara gratis, tanpa harus melewati label atau agregator digital.

Baca juga:

Spotify Punya 180 Juta User, Berapa Orang yang Jadi Pelanggan Premium?

Fitur ini tentu sangat membantu para musisi yang belum bekerja sama dengan label mayor tetapi ingin mendistribusikan karyanya ke Spotify. Sebab, mereka sebelumnya perlu membayar sejumlah uang ke layanan pihak ketiga seperti Tunecore supaya lagunya bisa masuk ke Spotify.

Dari penjelasan TheVerge.com (20/09/2018), fitur ini tidak bekerja layaknya SoundCloud, di mana musik yang baru diunggah bisa langsung didengarkan atau didistribusikan. Spotify ingin agar fitur ini dimanfaatkan sebagai ajang promosi. Pasalnya, para musisi bisa menentukan tanggal rilisnya musik atau album mereka sendiri, minimal tujuh hari sebelum jadwal rilis.

- Advertisement -

Baca juga:

Tips Hemat Kuota Saat Pakai Spotify

Musisi Indie Kini Bisa Upload Karyanya Langsung ke Spotify, Gratis!
Penjadwalan rilisan musik atau album untuk musisi indie di Spotify (source: Spotify)

Nah, terkait bayaran yang diterima, Spotify akan menawarkan 50 persen dari net revenue yang diterima Spotify kepada musisi terkait dan 100 persen royalti dari lagu yang mereka unggah.

Baca juga:

Kuota Download Lagu di Spotify Makin Melimpah

Untuk sementara, fitur ini baru tersedia secara terbatas, tepatnya untuk musisi yang telah diundang Spotify untuk berpartisipasi.

Akankah fitur ini terbuka lebih luas? “Untuk sekarang, kami sedang berada di tahap awal percobaan. Rencana kami adalah untuk fokus belajar dulu pada para musisi, menerima feedback mereka, dan membuat rencana ke depan bagaimana fitur ini dapat tersedia ke lebih banyak musisi lagi,” jelas Kene Anoliefo, Senior Product Lead Creator Marketplace Spotify.