NASA Kirim Toilet Canggih ke ISS

Technologue.id, Jakarta – Dalam waktu dekat, NASA akan kembali meluncurkan roketnya ke luar angkasa. Namun berbeda dari biasnaya, alih-alih membawa astronot, roket bernama Cygnus akan diluncurkan untuk membawa sebuah toilet.


Toilet ini akan dikirim ke luar angkasa untuk digunakan para astronot di International Space Station (ISS). Mereka akan mencobanya sebelum digunakan untuk misi luar angkasa masa depan ke Bulan atau Mars.

Baca Juga:

Eau de Space, Parfum dengan Aroma Luar Angkasa


Dilansir dari Space pada Selasa (29/9/2020), toilet yang diluncurkan ini bukanlah toilet sembarangan. NASA menggunakan teknologi bernama Universal Waste Management System (UWMS) pada toilet ini.


Teknologi ini memungkinkan toilet menciptakan aliran udara sangat kuat yang bisa mendorong urin dan buangan lainnya ke toilet meski tidak ada gravitasi. Urine astronot juga akan diolah sebelum diproses dan didaur ulang menjadi air.

Baca Juga:

NASA Gagas Kalung Anti Corona, Bisa Dibikin di Rumah!


Pengembangan teknologi ini memakan biaya sebesar US$ 23 juta atau sekitar Rp 343 miliar. Majalah Time bahkan menyebut toilet ini merupakan yang paling mahal di dunia.


Toilet canggih buatan NASA ini sendiri memiliki ukuran 65% lebih kecil dan 40% lebih ringan dibandingkan dengan toilet yang ada di ISS sekarang. Desainnya dikembangkan dari toilet sebelumnya.

Latest News

Dear Nakes, Registrasi Vaksin Covid-19 Bisa Dilakukan Via WA

Technologue.id, Jakarta - Guna memudahkan tenaga kesehatan (Nakes) melakukan registrasi Program Vaksinasi Covid-19, pemerintah menyediakan akses pendaftaran berupa kanal Chatbot WhatsApp.

Telkomsel Hadirkan Paket Khusus Darurat Gempa Sular

Technologue.id, Jakarta - Pasca bencana gempa bumi 6,2 Magnitudo yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat, khusunya Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Telkomsel...

Diblokir Trump, Xiaomi Angkat Suara

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukan Xiaomi ke daftar hitamnya. Trump beralasan perusahaan asal China itu memiliki hubungan dengan...

Duh, Xiaomi Diblokir Trump

Technologue.id, Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menambahkan perusahaan China ke daftar hitamnya. Kali ini, Xiaomi dan delapan perusahaan lainnya...

Buntut Kontroversi WhatsApp, Aplikasi Signal Raih 50 Juta Unduhan di Play Store

Technologue.id, Jakarta - Kebijakan baru aplikasi perpesanan WhatsApp membuat banyak penggunanya kecewa. Mereka pun akhirnya memilih beralih ke aplikasi lain yang dinilai...

Related Stories