Netflix Siap Blokir Tukang Nebeng Akun

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Netflix telah mengambil langkah tegas terhadap marak berbagi akun langganan pengguna. Layanan video on demand itu memblokir pengguna yang disinyalir berbagi satu akun untuk bersama atau yang disebut account sharing.

Informasi ini terungkap setelah sejumlah pengguna melaporkan “diblokir” oleh Netflix. Pengguna mengeluh tak lagi bisa mengakses layanan video tersebut.

Dalam pemblokiran, muncul sebuah notifikasi yang memberikan syarat agar si pengguna bisa kembali menonton. “Jika Anda tidak tinggal dengan pemilik akun, Anda perlu memiliki akun Anda sendiri untuk terus menonton,” demikian bunyi notifikasi tersebut.

Baca Juga:
Analis: Apple Seharusnya Akuisisi Netflix

Dalam notifikasi itu, Netflix juga menyertakan opsi langganan gratis selama 30 hari dengan membuat akun sendiri. Agar pengguna dapat melanjutkan, mereka harus memasukkan kode yang akan dikirim ke email atau melalui SMS yang sudah terdaftar.

Dengan kata lain, hanya sang pemilik asli akun yang bisa menonton kembali. “Tes ini dirancang untuk bantu memastikan bahwa orang-orang yang memakai akun Netflix memang benar-benar mereka yang berhak,” ungkap Juru Bicara Netflix, dikutip dari PC Mag (11/3/2021).

Netflix mengaku bahwa mereka mencoba “ratusan” pengujian dengan pelanggan tertentu setiap tahun.

Jual beli akun untuk berlangganan Netflix sering terlihat secara terang-terangan di media sosial hingga di situs e-commerce terkenal. Penjualan akun Netflix dijual dengan harga bervariasi, umumnya sekitar Rp100 ribuan, yang berlaku untuk 6 bulan.

Praktik jual akun berikut password-nya ini telah berlangsung selama bertahun-tahun. Netflix pun membiarkan orang-orang itu lolos dengan tidak membayar atau membuat akun mereka sendiri.

Baca Juga:
Bersama Studio Anime Asal Jepang, Netflix Garap Serial Terminator

Sebagai informasi, persyaratan layanan Netflix sudah menyatakan bahwa satu akun mungkin saja untuk saling berbagi dengan catatan masih dalam rumah yang sama. Namun, agaknya pengguna selama ini menghiraukan hal tersebut. Hingga pada akhirnya Netflix mengambil langkah tegas ini.

Adapun di Indonesia, paket Basic seharga Rp 120.000 per bulan dan Mobile seharga Rp 54.000 per bulan hanya bisa diakses 1 perangkat .Kemudian paket Standard (HD) seharga Rp 153.000 per bulan bisa diakses 2 perangkat secara bersamaan. Terakhir, paket Premium seharga Rp 186.000 per bulan bisa diakses 4 perangkat secara bersamaan.

Tak dijelaskan bagaimana Netflix memastikan pengguna yang berbagi akun memang serumah, apakah lewat pelacakan alamat IP atau cara lain. Belum jelas juga apakah pembatasan ini nantinya berlaku untuk semua paket atau paket tertentu saja.

- Advertisement -

Latest News

Sennheiser Jual Divisi Consumer Audio

Technologue.id, Jakarta - Produsen audio asal Jerman, Sennheiser, telah menjual divisi Consumer Electronics-nya akibat kesulitan bersaing di ranah consumer audio. Perusahaan yang...

Gangguan Layanan Telekomunikasi Jayapura Pulih Bertahap

Technologue.id, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemulihan gangguan layanan telekomunikasi di Jayapura berlangsung bertahap.

Asus Luncurkan Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip

Technologue.id, Jakarta - Asus resmi merilis generasi smartphone flagship terbarunya yakni Zenfone 8 dalam acara yang dihelat virtual, Kamis (13/5/2021).

Tips Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual

Technologue.id, Jakarta - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi.

Lebaran, THR Ramai Dicuitkan Netizen

Technologue.id, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri 1442 jatuh pada hari ini, Kamis (13/5/2021). Seperti biasa, tradisi berbagi Tunjangan Hari Raya (THR)...

Related Stories