Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ngabuburit Sambil Mabar, Trafik Data Telkomsel Didominasi Game Online
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Telkomsel memprediksi trafik data/broadband bakal naik selama bulan Ramadan sampai Idul Fitri atau Lebaran tahun ini.

Kenaikan trafik data ini, didominasi oleh game online, sebesar 32,4%. Adapun game online yang disukai pengguna Telkomsel, yaitu Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB), Free Fire (FF), dan Roblox.

Vice President Global Network Operation Telkomsel, Galumbang Pasaribu, mengatakan, “Game online bakal jadi pendorong terkuat. Jadi, mungkin, selama Ramadan dan Idul Fitri, selain ibadah ternyata mereka (pengguna) masih main game online sambil ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa.”

Baca Juga:
Free Fire Gandeng Habib Jafar Buat Dakwah di Game

Setelah game online, disusul dengan layanan pesan instan, seperti WhatsApp dan Telegram yang mencapai 20%. Lalu, streaming video dari berbagai platform, seperti YouTube dan TikTok dengan porsi 15,6%, e-commerce 7%, serta media sosial 6,2%.

Galumbang pun menuturkan, hal lainnya terjadi kenaikan pada penggunaan layanan data, layanan pesan pendek atau SMS yang melonjak hingga 7,6%, tetapi voice traffic atau telepon berbayar justru menurun sebesar 8,5%.

Dengan demikian, ia memproyeksikan trafik data Ramadan hingga Lebaran akan naik 11,2% dibandingkan hari biasa, di mana puncaknya akan terjadi pada satu hari (H-1) sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. “Total trafik data pada malam Takbiran bakal tembus 51,6 petabyte,” jelas Galumbang.

Baca Juga:
7 Game Seru yang Cocok buat Mabar Sambil Ngabuburit

Perlu diketahui, Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat selama Lebaran tahun ini mencapai 123,8 juta orang atau tumbuh 14,2% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Untuk itu, upaya antisipasi pergerakan trafik data selama momen Lebaran tahun ini, keseluruhan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan Telkomsel telah difokuskan pada 490 Point of Interest (POI) di berbagai wilayah Indonesia.

SHARE:

Permintaan Mobil Niaga Tinggi, Mitsubishi Buka Diler Di Indonesia Timur

Ada Sentuhan Musik Hans Zimmer di Call of Duty: Mobile Season Terbaru