Technologue.id, Jakarta – HMD Global, selaku pemegang lisensi merk dagang Nokia, meluncurkan Nokia 6.1 Plus sebagai jagoan baru bertempur di pasar menengah Indonesia. Sebelumnya, ponsel ini dikenal dengan sebutan Nokia X6 saat debut di Cina pada bulan Mei. Banyak orang-orang di luar Cina bertanya-tanya akan ketersediaannya secara global, termasuk di Indonesia.

Spesifikasi perangkat ini tidak berubah meskipun dengan nama baru, tetapi akan memiliki stock Android murni alias Android One. Nokia 6.1 Plus mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 636, kamera belakang ganda, dan layar 19:9 dengan poni.

Panel depan Nokia 6.1 Plus (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Baca juga:

Terdepan dalam Teknologi 5G, Nokia Siap Dukung Infrastruktur Indonesia

Nokia 6.1 Plus memiliki ukuran 5,8 inci dengan resolusi Full HD Plus dan aspek rasio layar 19:9. Build quality ponsel ini diklaim sangat kuat karena telah diuji ketahanan salah satunya ketika dijatuhkan ratusan kali dari ketinggian.

Craftsmanship dan design menjadi fokus kami dalam membuat Nokia 6.1 Plus ini. Desain dan material menggunakan build quality yang selama ini jadi ciri khas Nokia,” tutur Sanmeet Singh Kochhar, General Manager HMD Global Indonesia, saat peluncuran Nokia 6.1 Plus di Jakarta, Kamis (06/09/2018).

Dari ranah fotografi, Nokia 6.1 Plus dipersenjatai kamera belakang dengan sensor ganda 16 MP dan 5 MP. Sementara pada bagian depan terdapat penembak gambar selfie dengan kemampuan 16 MP. Ada kemampuan unik bernama Dual-Sight yang bisa mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dengan begitu, pengguna bisa memotret gambar dari dua sisi, baik untuk selfie maupun foto pemandangan.

Baca juga:

Fitur- fitur Android Go Makin Unggul, Saatnya Lupakan Android One!

“Kamera (Nokia 6.1 Plus) ini dilengkapai AI dan fitur bothie agar kamera depan dan belakang aktif bersamaan dalam satu layar. Foto selfie tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain,” kata Wayne Tang, Head of Product Marketing APAC, HMD Global Oy.

Fitur Dual Sights yang menampilkan dua sisi kamera (Choiru Rizkia/Technologue.id)

Ponsel ini memiliki kapasitas RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB yang masih bisa diperluas hingga 400GB dengan MicroSD.

Baca juga:

Galaxy Note 9 Kemahalan? 5 Gawai Ini Berbaterai Jumbo dan Lebih Murah!

Nokia 6.1 Plus dibekali fitur kenamaan Google di kamera baru ini, yaitu Google Lens yang mengenali apa yang ada dalam gambar dan memungkinkan untuk mencari web untuk mempelajari lebih lanjut tentang itu.

Nokia 6.1 Plus tiba dalam tiga varian warna, antara lain Gloss Black, Gloss White, dan Gloss Midnight Blue. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp3,399 juta. Gadget ini akan bisa didapatkan di beberapa situs belanja online rekanan Nokia seperti Tokopedia, Shopee, Erafone.com, BliBli.com, Dinomarket, dan JD.ID.

Dalam pemasarannya, HMD Indonesia menggandeng operator telekomunikasi Smartfren untuk menawarkan program bundling dengan pilihan cicilan selama 12 atau 24 bulan. Salah satu benefitnya, pengguna bakal bebas mengakses internet setiap hari tanpa memikirkan kuota dan juga telepon sepuasnya ke sesama Smartfren. Pre-order diadakan pada tanggal 6-14 September 2018.