Nokia dan Apple Pilih Rujuk

Ilustrasi Nokia (source: Nokia)

Technologue.id, Jakarta – Dalam beberapa bulan terakhir, tersaji drama perselisihan yang melibatkan dua nama besar di industri teknologi: Nokia dan Apple.

Konflik di antara keduanya menyeruak ketika Nokia menuntut Apple karena memanfaatkan paten lisensi Nokia yang masih digunakan di iPhone dan iPad tanpa kompensasi. Paten sejumlah 32 buah itu bervariasi, dari layar hingga user interface dan chipset. Gugatan pada Apple lantas dilayangkan ke pengadilan di dua negara sekaligus, yakni Amerika Serikat dan Jerman.

Namun mendadak, keduanya memutuskan untuk berdamai. Mengutip rilis pers Nokia (23/05/17), perusahaan dari Cupertino itu mengklaim telah membuat perjanjian kerja sama dengan Nokia untuk menggunakan kekayaan intelektual mereka kembali.

Di bawah perjanjian baru ini, Nokia akan memasok produk dan layanan infrastruktur jaringan untuk Apple. Sebagai gantinya, Apple akan tetap memperdagangkan produk bikinan Nokia di toko offline dan online-nya.

“Perjanjian ini telah mengubah hubungan kami dengan Apple dari musuh di pengadilan menjadi mitra bisnis yang berorientasi pada manfaat pelanggan kami,” jelas Maria Varsellona, Chief Legal Officer at Nokia. Kabarnya, selain dua kesepakatan di atas, perusahaan dari Finlandia itu pun siap bekerja sama dengan Apple untuk menginisiasi terobosan digital di sektor kesehatan, seperti mengangkat kembali Withings, anak perusahaan Nokia.

 

Baca juga:

Nokia Seret Apple ke Meja Hijau

Apple, Google, Facebook, Microsoft, dan Uber Tidak Anti-Islam!

Ingin Punya Apple Watch Tapi Budget Terbatas? Coba Lihat Produk ini