Nokia Menang Tender Bangun 4G di Bulan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Nokia berhasil memenangkan tender untuk menggelar infrastruktur jaringan 4G LTE di bulan. Nantinya, vendor jaringan asal Finlandia ini bakal menerima dana sebesar US$ 14,1 dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Investasi tersebut merupakan bagian dari kontrak senilai US$ 370 juta yang ditandatangani di bawah proyek “Tipping Point” NASA, yang dimaksudkan untuk memajukan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk eksplorasi ruang angkasa.

Baca Juga:
Tri Gandeng Nokia Demi Geber Koneksi 4G

Dilansir dari Mashable (17/10/2020), konektivitas 4G di bulan bukan hanya untuk memfasilitasi astronot berselancar di media sosial, melainkan juga untuk membantu komunikasi dengan kecepatan yang lebih tinggi, reliability yang lebih baik, dan juga jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan teknologi yang tersedia saat ini.

“Ini akan menjadi sistem komunikasi LTE / 4G pertama di luar angkasa,” menurut pengumuman NASA.

“Sistem ini dapat mendukung komunikasi permukaan bulan pada jarak yang lebih jauh, meningkatkan kecepatan, dan memberikan reliability yang lebih baik dari standar saat ini,” lanjutnya.

Pengumuman ini juga disampaikan oleh pihak Nokia melalui akun Twitter milik Badan riset Nokia (@BellLabs), pada 15 Oktober 2020. Perusahaan mengatakan bahwa jaringan tersebut mendukung operasi nirkabel penjelajah bulan dan navigasi, serta video streaming.

Jaringan ini dibangun agar compact dan efisien, serta dirancang khusus untuk menahan suhu ekstrim, radiasi dan kondisi ruang hampa.

Bila dibandingkan pada misi Apollo sebelumnya, para insinyur harus mengandalkan komunikasi radio bersama dengan penggunaan stasiun pangkalan, relai, dan jaringan pemancar. Namun bila nanti sudah tersedia 4G, hal ini dapat membantu membuat sistem lebih efisien. Lantas, mengapa tidak langsung ke teknologi jaringan kelima?

Baca Juga:
NASA Kirim Toilet Canggih ke ISS

Alasannya, karena teknologi 5G tertentu tidak dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dibandingkan dengan 4G, sehingga belum menjadi pilihan ideal untuk saat ini.

Tidak disebutkan kapan proyek membangun 4G di bulan ini akan dimulai dan target penyelesaiannya. Namun kemungkinan proyek ini untuk mewujudkan rencana NASA memiliki pangkalan astronot di bulan pada tahun 2028.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories