Technologue.id, Jakarta – Mengobati rindu anak angkatan tahun 90-an, Sony akan menghadirkan kembali konsol video game legendaris, PlayStation edisi pertama. Desain masih sama persis, namun datang dengan ukuran lebih mini.

Kesan nostalgia yang diberikan dari konsol populer ini memang sangat terasa. PlayStation Classic ini masih mempertahankan desain ikonik PlayStation edisi pertama yang sudah berusia 25 tahun. Bedanya, dalam versi barunya ini PlayStation klasik hadir dalam ukuran yang lebih kecil, hingga muat di genggaman tangan. Menurut Sony, ukuran PlayStation Classc ini lebih kecil 45 persen dibandingkan PlayStation orisinal.

Baca juga:

5 Aksesori Wajib untuk Main PUBG Mobile

Seperti yang diketahui, PlayStation 1 menjadi konsol pertama dalam sejarah video game yang dikirimkan hingga 100 juta unit ke seluruh dunia. Perangkat ini menawarkan konsumen untuk memainkan game dengan grafik 3D sebenarnya untuk pertama kali.

Dilansir dari NBCnews.com (20/09/2018), dari 20 judul game yang bisa dimainkan, baru lima judul yang telah dipublikasikan sejauh ini, di antaranya ‘Final Fantasy VII’, ‘Jumping Flash’, ‘Ridge Racer Type 4’, ‘Tekken 3’, dan ‘Wild Arms’.

Baca juga:

5 Smartphone Hebat Sony Pencetak Sejarah

Perusahaan teknologi asal Jepang itu akan menjual PlayStation klasik dalam tiga bulan ke depan. Selain di Amerika Serikat, PlayStation klasik turut dijual di Indonesia dengan harga Rp 1,4 juta mulai 3 Desember 2018. Dalam boks pembelian PlayStation mini bakal terdapat kabel HDMI untuk menghubungkan perangkat ke TV, sebuah kabel USB, dan dua stik controller untuk sharing permainan.

Walau menghadirkan konsep nostalgia, PlayStation klasik juga ditujukan untuk pengguna baru dan dapat menikmati pengalaman konsol PlayStation pertama yang inovatif.
keputusan untuk merilis konsol adalah agar pemain muda dapat mengalami PlayStation dalam format aslinya.

Baca juga:

Game Lokal Besutan Agate Studio Mejeng di Platform Global

“Penggemar lama akan menghargai nostalgia yang datang dengan menemukan kembali permainan yang mereka ketahui dan sukai, sementara para gamer baru di platform dapat menikmati pengalaman konsol PlayStation yang memukau,” tulis Eric Lempel, Senior Vice President PlayStation Worldwide Marketing, dalam situs resminya.