Technologue.id, Jakarta – Di dalam persaingan smartphone saat ini, OnePlus cukup bisa bersaing dengan menawarkan produk berspesifikasi tinggi namun harganya yang mahal. Namun di balik itu, ada sesuatu yang disembunyikan olehnya.

Mengutip dari NextPowerUp (10/10/17), seorang blogger teknologi dan keamanan asal Inggris, Chris Moore menemukan bahwa OnePlus diam-diam mengumpulkan data tentang pengguna smartphonenya tanpa melakukan izin terlebih dahulu.

Baca juga:

Warga Negara Maju Hidupnya Tak Terikat Smartphone

Bukan tanpa alasan, pernyataan Chris sendiri dilontarkan setelah ia menemukan bahwa smartphone yang digunakannya tengah terhubung dengan sebuah domain yang bernama “open.openplus.net”.

Baca juga:

Yuk Verifikasi Nomor Ponsel dengan Data Pribadi Anda, Begini Caranya!

Dari domain itu, nampak kalau ada sejumlah data yang dikumpulkan, seperti detail firmware, serial number, IMEI, Mac address, proses aplikasi, reboot timestamps, charging timestamps, dan screen on/off timestamps.

Baca juga:

Sering Salah Kirim Pas Chatting? Ini Solusi dari WhatsApp

Terkait ditemukannya kasus tersebut, hingga saat ini OnePlus sendiri belum memberikan pernyataannya secara resmi apakah hal tersebut benar atau ada kepentingan lain yang mengharuskan perangkat terkoneksi dengan domain open.openplus.net.