Technologue.id, Jakarta – Oppo meluncurkan sistem operasi terbaru ColorOS 7 bertempat di New Delhi, India. Untuk pertama kalinya Oppo mengedarkan kustomisasi sistem operasi berbasis Android 10 diluar China. ColorOS7 terbaru tampil lebih modern dengan berbagai macam solusi sebuah sistem operasi yang dibutuhkan untuk pengguna.

“Oppo berusaha mengoptimalkan ColorOS secara komprehensif, untuk membuatnya lebih cepat dan lebih lancar untuk lebih dari 300 juta pengguna kami di seluruh dunia,” ujar Martin Liu, Senior Strategy Manager of Oppo ColorOS.

Baca Juga:
Cashback Menanti Setiap Pembelian Oppo A9 2020

Dikatakan Liu, pembaruan ini tidak hanya menata ulang desain dari sistem ColorOS tetapi juga meningkatkan pengalaman audio visual dan gaming.

ColorOS 7 telah mengadopsi pendekatan visual modern yang menyederhanakan antarmuka pengguna, sehingga memungkinkan pengguna lebih fokus terhadap konten yang dilihatnya. Selain kustomisasi ikon pada sistem operasi ini, terdapat mode gelap yang memberikan pengalaman membaca yang luar biasa dalam kondisi cahaya apapun, selain
itu, mode ini juga dapat mengurangi konsumsi daya baterai secara signifikan.

ColorOS 7 membuka interaksi yang lebih intuitif. Seperti kehadiran alarm adaptif berbasis cuaca yang secara otomatis akan menyesuaikan suara alarm dengan cuaca sekitar. Selain melakukan kerjasama dengan beberapa artis untuk pilihan wallpaper baru, sekarang pengguna dapat menikmati berbagai pilhan wallpaper dinamis yang dapat berubah seiring waktu.

Sementara itu, desain haptic ditingkatkan untuk pengalaman sentuhan yang lebih realistis dan juga pengembangan suara respons sentuhan yang lebih baik. Tim ColorOS juga berkolaborasi dengan perusahaan desain audio Denmark, Epic Sound, untuk meningkatkan sistem suara secara keseluruhan. Terinspirasi oleh alam, efek suara baru
pada nada dering, notifikasi dan kontrol sistem memberikan pengalaman audio yang lebih nyaman ketika didengarkan.

Baca Juga:
Penjualan Perdana Oppo Reno2 Tawarkan Trade In dan Surprize Deal

Dengan konsep UI-First, tim ColorOS mengembangkan oFas, oMem dan oSense untuk memastikan pengalaman sistem operasi yang lancar dan cepat yang dapat dirasakan oleh
pengguna. oFas adalah mekanisme preload cache, yang membuat aplikasi dapat memulai dan membuka lebih cepat dari sebelumnya. Sementara itu, oMem akan melakukan
adaptasi dengan kebiasaan pengguna dan mengalokasikan sumber daya sistem secara tepat dan efisien.

Melalui teknologi ini, pemanfaatan RAM ditingkatkan sebesar 40%. Walau beberapa aplikasi berjalan bersamaan, respon sistem tetap mengalami peningkatan sebesar 30%. oSense merupakan mekanisme yang mengoptimalkan respon sentuhan dan kecepatan frame, menjadikan game berjalan lebih lancar. Saat memainkan game jenis pertempuran yang intens, respon sentuhan akan meningkat sebesar 21,6% dan frame rate sebesar 38%.

Tak kalah penting, vendor ponsel asal Tiongkok itu juga menghadirkan SOLOOP pada ColorOS7, sebuah fitur penyuntingan video pintar milik Oppo, menyederhanakan keseluruhan proses penyuntingan video sehingga pengguna pemula dapat membuat konten video yang menarik dan juga dapat dengan mudah untuk membagikannya.