Orang Terkaya di India Luncurkan Aplikasi Konferensi Video Pesaing Zoom

Tehnologue.id, Jakarta – Perusahaan operator telekomunikasi di India, Reliance Jio Platforms, siap memasuki bisnis baru yaitu layanan konferensi video. Perusahaan yang didirikan oleh orang terkaya India, Mukesh Ambani, secara resmi meluncurkan JioMeet, aplikasi konferensi video yang akan menyaingi Zoom.

Seperti Zoom dan Google Meet, JioMeet menawarkan panggilan video gratis tanpa batas dalam format high definition (720p). Platform ini mampu menampung hingga 100 peserta dalam sekali konferensi video.

Baca Juga:
Zoom Tuai Untung Fantastis selama Pandemi Corona

Yang menarik, JioMeet tidak membatasi durasi panggilan. Dilansir dari TechCrunch (3/7/2020), Jio Platforms mengklaim layanan besutannya mampu mengakomodir panggilan video hingga 24 jam pemakaian.

Penggunaan JioMeet tidak sebatas untuk meeting online saja. Namun perusahaan berharap ke depannya layanan ini akan memiliki fitur untuk memungkinkan dokter berkonsultasi dengan pasien mereka, meresepkan obat, dan memiliki sistem yang memungkinkan mereka membeli obat secara online dan mendapatkan hasil tes secara digital.

Demikian pula, mereka mengatakan JioMeet akan memungkinkan guru untuk menyelenggarakan kelas virtual untuk siswa mereka, dengan kemampuan untuk merekam sesi, hingga melakukan tes secara digital.

Layanan JioMeet saat ini tidak menawarkan paket berbayar. Belum diketahui apakah penawaran ini hanya berlaku untuk tahap awal saja atau seterusnya.

Jio Platforms telah memulai pengujian beta JioMeet pada Mei tahun ini. Layanan konferensi video ini menawarkan kontrol host ‘kelas perusahaan’. Ini termasuk: perlindungan kata sandi pada setiap panggilan, dukungan login multi-perangkat (hingga lima perangkat), dan kemampuan untuk berbagi layar.

Fitur lain termasuk kemampuan untuk berpindah dari satu perangkat ke perangkat lain, serta ‘Safe Driving Mode’ saat seorang peserta sedang dalam perjalanan. Host juga dapat mengaktifkan ‘ruang tunggu’ untuk memastikan peserta harus meminta izin untuk masuk panggilan.

Baca Juga:
Sama Persis, Fitur Telkomsel CloudX Juga ‘Diracik’ oleh Developer Zoom

Perusahaan tidak memberikan rincian lebih lanjut, termasuk apakah orang di luar India dapat menggunakan layanan ini. Soal keamanan, di situs webnya, JioMeet mengklaim semua pertemuan itu “dienkripsi” tetapi tidak merinci apakah panggilan ini dienkripsi end-to-end.

JioMeet bisa diakses melalui browser Chrome dan Firefox di desktop, serta aplikasi mandiri untuk macOS, Windows, iOS, dan Android.

Recent Articles

Galaxy Note20 Series, Perangkat Tepat Tuangkan Passion-mu

Technologue.id, Jakarta - Kemampuan Samsung Galaxy Note20 Series dalam mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasi mumpuni serta beragam fitur...

Tren WFH Dorong Penjualan Monitor Gaming AOC

Technologue.id, Jakarta - Kondisi pandemi akibat penyebaran virus COVID-19 saat ini bukan hambatan bagi penjualan monitor gaming. Brand AOC mengungkap penjualan monitor...

Cek Deh, Ini 7 Alasan Kenapa Harus Upgrade Galaxy Note10+ ke Galaxy Note20 Ultra

Technologue.id, Jakarta - Kehadiran duo Samsung Galaxy Note20 Series menjadi smartphone flagship paling ditunggu. Pasalnya baik Galaxy Note20 maupun Galaxy Note20 Ultra...

Rayakan Satu Semester, Arknights Helat Event Ancient Forge

Technologue.id, Jakarta - Game menara pertahanan Yostar Limited yang makin populer, Arknights, kini telah mencapai usia satu semester. Suatu momen yang sering dirayakan...

Realme C12 Meluncur di Indonesia, Bawa Baterai Gendut 6.000 mAh

Technologue.id, Jakarta - Realme resmi memboyong ponsel terbarunya, realme C12 ke Indonesia pada Jumat (14/8/2020). Meluncur lewat acara Realme Fan Fest, perangkat...

Related Stories