Technologue.id, Jakarta – Efek domino dari diblokirnya Huawei oleh Google setelah terjadi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih terus berlanjut. Perlahan-lahan, peminat smartphone Huawei pun berkurang.

Baca Juga:
Pengguna Ponsel Huawei Kabur Usai Dengar Keputusan Google

Mengutip dari GSMArena (24/05/19), salah satu website perbandingan harga produk yang beroperasi di beberapa negara, PriceSpy mencatat bahwa adanya penurunan rata-rata klik yang signifikan untuk smartphone Huawei selama sepekan belakangan.

“Bukan hanya penyedia jaringan dan raksasa teknologi yang meninggalkan Huawei. Selama empat hari terakhir, popularitas handset Huawei merosot. Di Inggris, jumlah kliknya hampir berkurang setengahnya dari minggu lalu. Dam secara global, berkurang 26 persen”, pernyataan PriceSpy pada website GSMArena.com.

Baca Juga:
Di Tiongkok, Huawei Dapat Dukungan dari Pengguna Setianya

PriceSpy sendiri sempat mengamati perilaku para konsumennya yang berada di Finlandia, Perancis, Norwegia, Swedia, dan Inggris. Dan seluruhnya menunjukkan tren penurunan minat pada smartphone Huawei. Di sisi lain, mereka mencatat bahwa minat akan smartphone Xiaomi dan Samsung justru meningkat.

Untuk smartphone Samsung, halaman jumlah produk yang diklik meningkat hingga 13 persen. Sementara untuk Xiaomi jumlahnya naik hingga 19 persen. Dan tren tersebut terjadi dalam waktu yang bersamaan.