PBNU Ajak XL Bikin Pusat Komando Penangkal Konten Negatif

Peresmian Command Center Konten Positif PBNU-XL (Technologue.id)

Technologue.id, Jakarta – Program “XL NUsantara – Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital” yang dijalankan XL Axiata dan Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) tak hanya soal pemanfaatan teknologi digital untuk mendorong ekonomi digital. Keduanya berkomitmen menghadirkan konten positif di tengah masyarakat.

KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum PBNU menyebutkan bahwa melalui platform digital yang akan digunakan di organisasinya akan membuat berbagai aktivitas lebih mudah. Misalnya, komunikasi lebih mudah dan interaktif dalam berbagai format baik tulisan, suara, gambar, maupun video

Dian Siswarini, Presiden Direktur/CEO XL Axiata menyambut baik kerjasama yang dijalin dengan PBNU. Ia menyatakan langkah ini sesuai dengan misi dan tanggung jawab sosial XL Axiata mendukung pemerintah NKRI untuk menjadi wadah yang mengakselerasi ekonomi kreatif berbasis digital, mendorong pertumbuhan konten-konten positif untuk meng-counter ekstrimesme digital.

“Bagaimanapun juga, teknologi digital terus berkembang dengan cepat, memasuki dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Tidak bisa kita hindari maupun menolaknya. Karena itu, sudah menjadi tanggung jawab sosial semua pemangku kepentingan untuk memcerdaskan masyarakat agar bisa meraih manfaatnya dan sekaligus menghindari dampak negatifnya,” imbuh Dian.

Dian menambahkan, hal pertama yang XL Axiata akan memberikan dukungan melalui kerjasama ini adalah membantu mewujudkan pusat komando atau Command Center di kantor PBNU.

Command Center punya tugas menyediakan creative content berupa teks, audio atau video yang akan di-broadcast ke seluruh warga NU di seluruh Indonesia melalui berbagai media digital. Selain itu, Command Center tersebut juga akan bertindak sebagai sarana pelaporan tanggap darurat jika ada kejadian luar biasa di lingkup jamaah NU.

Selanjutnya, program XL-NUsantara akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta entertainment.

Program ini nanti akan menggunakan pendekatan dan pengembangan Community, Collaboration, and Co-Creation yang terbuka bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi. Untuk itu, XL Axiata akan menyediakan kartu keangotaan NU yang dinamakan “XL NUsantara”.

Kartu keanggotaan ini merupakan kartu identitas digital dalam bentuk SIM Card yang didalamnya sudah terintegrasi akun uang elektronik atau e-money yang memberikan akses layanan keuangan berbasis digital kepada semua anggota NU. Kartu Keanggotaan NU berbasis layanan keuangan digital dan konektivitas ini adalah pilar utama yang akan menopang platform ekonomi digital bagi komunitas NU, dan juga masyarakat Nusantara secara luas.

Baca juga :
XL-PBNU ‘Jadian’ Demi Aplikasikan Teknologi Digital Positif
XL Ajak Vendor Smartphone Bangun Ekosistem 4.5G
Edukasi Pelanggan, XL Gratiskan Kuota YouTube Seharian

loading...