Technologue.id, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang gencar menghadirkan inovasi untuk mewujudkan Semarang Smart City (SSC). Salah satu strateginya, Pemkot Semarang menggandeng dua perusahaan lokal berbasis teknologi, yaitu penyedia layanan on-demand PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Go-Jek) dan perusahaan e-commerce Blibli.com.

Hendrar Prihadi, Wali Kota Semarang, mengatakan kolaborasi dengan dua perusahaan berbasis teknologi tersebut merupakan bukti keseriusan dan komitmen yang mereka wujudkan dalam bentuk public-private partnership.

Dalam kolaborasinya dengan Go-Jek Indonesia, Pemkot Semarang menghadirkan inovasi di berbagai sektor, yaitu transportasi, pariwisata, dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga:

Saat Persaingan Go-Jek dan Grab Merambah ke Kuliner

- Advertisement -

Dalam sektor pariwisata, Go-Jek menghadirkan inovasi pembayaran nontunai menggunakan Go-Pay untuk pembelian tiket masuk sejumlah destinasi wisata di Semarang. Sementara untuk sektor UMKM, startup yang sudah menyandang gelar “unicorn” ini memberikan pembinaan untuk ratusan pelaku UMKM Kota Semarang. Sebelumnya, perusahaan ini juga telah menghadirkan ekosistem pembayaran nontunai Go-Pay untuk pembelian tiket BRT Trans Semarang.

“Kami yakin bahwa melalui kehadiran inovasi teknologi dan terwujudnya Semarang Smart City, pelayanan publik dapat terus ditingkatkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap kemudahan dan transparansi yang ditawarkan teknologi juga dapat meningkat,“ jelas Damar Juniarto, VP Regional Public Policy and Government Relations Go-Jek.

Baca juga:

Go-Jek Luncurkan Go-Deals, Hadirkan Beragam Penawaran Spesial untuk Pelanggan

Selain dengan Go-Jek, Blibli.com mengajak UMKM di Semarang untuk memanfaatkan e-commerce sebagai platform memperluas pasar ke seluruh Indonesia. Blibli.com melalui kerja sama ini akan melakukan pelatihan, perekrutan dan pendampingan UMKM yang ada di Kota Semarang. Kerja sama ini menjadi bagian dari implementasi Program Sahabat Blibli.com, yaitu kemitraan Blibli.com bersama komunitas, lembaga swasta, dan pemerintahan daerah untuk melakukan pengelolaan produk dan pendampingan UMKM agar siap online.

Menurut Geoffrey L. Dermawan, SVP Merchant Sales, Operation & Development Blibli.com, perusahaan telah menyiapkan fasilitas yang memudahkan UMKM berkembang, baik dari sisi teknologi, standar pelayanan ekstra bagi Pelanggan, beragam metode pembayaran, dan fasilitas pengiriman bebas ongkir. UMKM juga tetap dapat memantau perkembangan bisnis melalui aplikasi Merchant Tool Application (MTA) yang telah disediakan.

Baca juga:

Go-Jek Tolak Aktifkan Lagi Akun Suspensi, Apa Alasannya?

Wali Kota Hendi pun menyampaikan apresiasinya kepada Go-Jek dan Blibli.com.

“Dalam mewujudkan smart city, kita tidak hanya membutuhkan teknologi aplikasi namun yang terpenting adalah nilai tambah dan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Maka, kami sangat senang bahwa kehadiran Go-Jek dan Blibli.com di sini tidak hanya membawa inovasi teknologi namun juga knowledge transfer yang yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya,“ ujarnya.