Technologue.id, Jakarta – Sepanjang tahun 2019, media sosial Instagram dilaporkan berhasil mendapatkan pasukan hingga US$ 20 miliar atau setara Rp 273 triliun. Pemasukan tersebut didapatkan oleh Instagram dari Iklan di tahun 2019.

Dilansir dari The Verge pada Rabu (5/2/2020), pendapatan iklan tersebut menyumbang lebih dari seperempat dari keseluruhan pendapatan Facebook pada tahun 2019 lalu. Meskipun bukan penghasil uang terbesar bagi Facebook, Instagram tetap memiliki kontribusi yang luar biasa dari segi pendapatan.

Baca Juga:
Google Bongkar Pendapatan Tahunan YouTube di 2019

Sejauh ini, Instagram sendiri menampilkan iklan di Instagram stories, feeds, dan explore tab. Tim pengembang Instagram masih memikirkan cara bagaimana iklan dapat ditampilkan di dalam konten seperti halnya YouTube.

Menariknya, pendapatan iklan yang diperoleh Instagram justru lebih besar dari pendapatan iklan YouTube. Yang mana YouTube hanya menghasilkan US$15 miliar (Rp 205 triliun) sepanjang tahun 2019 atau sekitar 10 persen dari keseluruhan pendapatan Google.

Baca Juga:
Mantan Petinggi Gojek Gabung di Zenius Education

Pencapaian ini tidak lepas dari peran 1 miliar pengguna aktif yang turut membantu Instagram menraup banyak pengiklan. Banyaknya pengguna tersebut tentu menarik perhatian pengiklan untuk menjangkau pengguna dalam jumlah yang sangat besar.

Facebook sendiri diketahui pada 2019 ini meraup pendapatan sebesar 70,7 miliar USD atau setara Rp 970 triliun yang sebagian besarnya dari iklan. Facebook juga telah meningkatkan frekuensi iklan di Instagram guna membantu meningkatkan pendapatan perusahaan lebih banyak lagi.