Penjelasan Resmi Spotify Hapus Deretan K-Pop dari Kakao M

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Spotify telah membuat pernyataan resmi yang membahas mengapa ratusan lagu K-pop tiba-tiba dihapus dari katalognya.

Dilansir dari Soompi (1/3/2021), Spotify mengumumkan bahwa perjanjian lisensinya dengan distributor musik Korea Kakao M telah berakhir pada 1 Maret 2021, yang berarti bahwa semua musik yang didistribusikan oleh label tersebut tidak lagi tersedia di layanan tersebut.

Baca Juga:
Spotify Hapus Lagu K-Pop dari Kakao-M

Seorang juru bicara Spotify menjelaskan, “Karena perjanjian lisensi asli kami dengan Kakao M berakhir pada tanggal 1 Maret 2021, kami tidak lagi dapat memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia.”

“Kami telah melakukan upaya ke segala arah selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global sehingga kami dapat terus membuat musik artis Kakao M tersedia untuk penggemar di seluruh dunia, serta 345 juta pengguna kami di 170 daerah yang berbeda,” lanjut mereka. “Namun, terlepas dari ini, kami tidak dapat mencapai kesepakatan tentang memperbarui lisensi global kami.”

Spotify selanjutnya mengklarifikasi spekulasi bahwa berakhirnya perjanjian lisensinya dengan Kakao M tak ada hubungannya dengan peluncuran layanannya baru-baru ini di Korea Selatan. Spotify membantah terlibat dalam persaingan langsung dengan layanan streaming Kakao M sendiri, Melon.

Juru bicara perusahaan menyatakan, “Masalah perjanjian lisensi global kami tidak terkait dengan peluncuran layanan kami di Korea Selatan.”

“Kami merasa situasi ini sangat disayangkan bagi banyak artis, serta penggemar dan pendengar di seluruh dunia, dan kami sangat berharap dapat segera menyelesaikan situasi saat ini,” lanjut mereka. “Kami akan terus melakukan yang terbaik sehingga kami dapat terus bekerja dengan pemegang hak Korea, termasuk Kakao M, dan membantu pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan tumbuh bersama.”

Baca Juga:
Spotify Luncurkan Streaming Kualitas Tinggi

Kakao M mendistribusikan sebagian besar musik Korea — sebagai referensi, 37,5 persen dari tangga lagu Top 400 Lagu Gaon Chart akhir tahun tahun 2020 adalah rilis Kakao M — hilangnya katalog merupakan pukulan besar bagi Spotify dan penggemar K-pop yang gunakan layanan tersebut.

Di antara artis yang diskografinya terpengaruh diantaranya IU, SEVENTEEN, NU’EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, BEAST, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, Golden Child, VICTON, Lovelyz, PENTAGON, ONEUS, Hyolyn, KARD, Brave Girls, CNBLUE, DIA , Younha, SECHSKIES, dan banyak lagi.

- Advertisement -

Latest News

Sering Scan Kode QR? Ini Bahayanya

Technologue.id, Jakarta - Memasuki era digital, kode QR semakin menjamur. Kode unik ini sangat mudah ditemukan mulai di kemasan makanan, tiket, tagihan...

Pendiri Zoom Ngaku Capek Meeting Virtual

Technologue.id, Jakarta - CEO sekaligus pendiri Zoom, Eric Yuan mengaku lelah dengan penerapan sistem bekerja di rumah. Tak sungkan, ia mengeluh jika...

Refund Molor, Toko Furniture Fabelio Panen Kecaman Konsumen

Technologue.id, Jakarta - Akun Instagram resmi toko furniture online, Fabelio, digeruduk sejumlah konsumen. Mereka mengeluhkan soal proses pengembalian uang atau refund yang...

Kenaikan Transaksi Shopee Berlipat saat Ramadan

Technologue.id, Jakarta - Di momen Ramadhan 2021 Shopee mengalami kenaikan transaksi yang signifikan. Tercatat selama kampanye Big Ramadan Sale ada lebih dari...

Sony Hapus Kamera DSLR dari Situs Resmi, Berhenti Produksi?

Technologue.id, Jakarta - Mungkin kita tidak akan pernah melihat perangkat DSLR A-series keluaran terbaru dari Sony. Pasalnya produsen elektronik asal Jepang itu...

Related Stories